Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar – Bunga Mawar ( Rosa sp ) adalah salah satu jenis tanaman hias yang sangat terkenal dan juga populer. Bunga mawar ini pertama kalinya berasal dari dataran Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur, yang menyebar luas keberbagai wilayah sampai saat ini. Terutamanya Indonesia yang banyak membudidayakan bunga mawar ini.

1

Budidaya bunga mawar sangat mudah dan juga sederhana, namun hanya saja membutuhkan perasawatan yang intensif untuk mencegah hama dan penyakit bunga mawar.  Bunga mawar ini masih berfamily dengan Rosaceae, yang dapat tumbuh dengan iklim suptropis dan tropis. Menurut sistematika ( taksonomi ) para ahli klasifikasi dan morfologi bunga mawar adalah sebagai berikut.

Klasifikasi Bunga Mawar 

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Sub Divisi : Angiospermae

Kelas : icotyledonae

Ordo : Rosanales

Famili : Rosaceae

Genus : Rosa

Spesies : Rosa Hiproida atau Rosa sp.

Morfologi Bunga Mawar

a. Akar ( Radix )

Bunga mawar memiliki akar yang berserabut dan memanjang kebagian bawah, bentuk akar bunga mawar bulat memanjang dan berwarna kecoklatan muda dan tua. Akar tanaman ini memiliki fungi utama bagi bunga mawar yaitu untuk menyokong tanaman agar tetap tegak dan berdiri, serta menyerap unsur hara dan air yang ada di dalam tanah dengan maksimal.

b. Batang ( Caulis )

Bunga mawar memiliki batang bulat memanjang dan tidak beraturan. Batang bunga mawar ini berduri, bercabang – cabang berwarna kecoklatan, kehijauan lumut dan juga abu-abu. Batang bunga mawar ini memiliki peran yang sangat penting untuk tanaman yaitu menyokong cabang dan bunga pada tanaman. Selain itu, batang tanaman ini juga memiliki diameter yang sangat kecil dan juga sangat rentan terhadap predator besar yang menyerang.

c. Daun ( Folium )

Bunga mawar memiliki daun majemuk yang terdiri dari 5-9 anakan daun yang terdapat dalam satu cabang. Daun pada bunga mawar memiliki bentuk bulat kecil memanjang dengan ukuran 2-3 cm meruncing dan ada juga yang berigi. Daun pada bunga mawar memiliki warna hijau muda dan hijau tua yang menopang pada tangkai batang yang terdapat di ujung tangkai dengan panjang 1-2 cm.

d. Bunga

Bunga mawar ini adalah majemuk yang terkumpul atas benag dan putik, bunga pada tanaman ini memiliki bentuk seperti bulat tetapi memiliki lapisan-lapisan bunga yang terdiri dari 20-26 lapisan bahkan lebih tergantung dengan besar bunga. Bunga pada tanaman ini memiliki warna yang sangat bervariasi dan beragam mulai dari warna putih, merah dan juga kekuningan. Bunga ini adalah salah satu tempat penyerbukan dan pembuahan yang terjadi penyatuan antara benang sari dan putih hingga akan membentuk bakal biji.

e. Buah  ( Fuctus )

Biji pada bunga mawar ini terdapat di bagian bunga, sehingga tidak tampak jelas jika melihatnya dari jauhan. Biji tanaman ini di lindungi oleh buah yang membungkus biji, biji pada tanaman ini memikiki bentuk bulat, oval memanjang berkukuran sangat kecil. Memiliki warna kecoklatan hingga kehitaman, serta di bagian dalamnya berwarna keputian dan kecoklatan.

Baca juga : Hama dan Penyakit Tanaman Kangkung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme