Ilmu Pengetahuan Lengkap

Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sedap Malam (Polianthes tuberose L)

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sedap Malam (Polianthes tuberose L) –  Bunga sedap malam memiliki nama latin Polianthes tuberose L, masuk kedalam suku Asparagalus dan keluarga Agavaceae. Bunga sedap malam memiliki sekitar 12 spesies dari genus Polianthes.

Baca: 16 Cara Membedakan Ikan Molly Jantan dan Betina

Bunga sedap malam memiliki beberapa manfaat, yaitu banyak digunakan dalam pembuatan parfum, mengatasi beberapa penyakit dan digunakan sebagai obat herbal. Bunga sedap malam juga dikenal beberapa sebutan dalam bahasa Melayu dikenal sundal malam, di India dikenal ratkirani (ratu malam), di Singapura xinxiao (tempat ngegat hinggap), di Persia dikenal maryam (nama umum bagi anak perempuan).

Kerabat dekat bunga sedap malam adalah jenis bakung-bakungan (Amarilliadaceae), jenis ini cukup banyak diantaranya bakung biru (Agapanthus aprikanus L), bakung laut (Crimun astatikum), bunga September (Euriclus alba) dan bunga lili (Lilium longgiforum).

Klasifikasi Bunga Sedap Malam

 Bunga sedap malam diklasifikasikan, berdasarkan tingkat taksonimi yaitu:

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Asparagales

Family: Agavaceae

Genus: Polianthes

Spesies: Polianthes tuberosa L.

Morfologi Bunga Sedap Malam

Morfologi bunga sedap malam, dapat dilihat berdasarkan cirri-ciri yang dimiliki yaitu:

1.Akar

Sistem perakaran sedap malam berserabut yang keluar dari batang utama (Diskus), yang menyebar kesegala arah pada radius kedalaman 40-60 cm.

2. Batang

Batang pada sedap malam terdiri dari batang utama (Diskus) dan batang semu (umbi). Batang utama sedap malam berwarna putih kotor hingga  hijau muda, lurus, dan terdapat tangkai daun serta dapat juga ditumbuhi oleh perakaran halus. Batang semu adalah batang yang dapat berubah bentuk dan berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Biasanya umbi induk berukuran lebih besar lapisan umbinya tidak begitu jelas, warna dagingnya putih bersih dan juag digunakan sebagai bahan perbanyakan secara vegetatif.

3. Daun

Daun tanaman sedap malam bentuknya panjang dan pipih berwarna hijau mengkilap pada bagian permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah daun pada pangkal daun terdap bintik berwarna kemerah-merahan.

4. Tangkai Bunga

Pada fase reproduksi akan muncul bunga dan ujung tanaman akan tampak beruas-ruas, tiap bagian ruas terdapat daun bunga bentuknya panjang dan pipih ukuran lebih kecil daripada pada daun biasa. Tiap tangkai bunga melekat 5-1 kuantum bunga atau lebih yang mekarnya tidak bersamaan, warna mahkota bunga putih berih namun adapula yang berwarna kemerah-merahan.

5. Bunga

Bunga sedap malam memiliki warna putih atau putih kemerah-merahan, memiliki bentuk seperti bunga melatih dan terdapat 5 -6 jari kerucut serta dibagian tengah bunga berwarna kuning. Biasanya bunga sedap malam akan mekar pada malam hari.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Bunga Sedap Malam (Polianthes tuberose L). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme