Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Lele Dumbo

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Lele Dumbo ( Clarias gariepsinus Bursell ) – Ikan lele dumbo ini merupakan salah satu jenis ikan yang pertama kali di temukan di Benua Afrika yang menyebar luas di berbagai daerah, selain itu ikan ini pertama datang ke Indonesia sekita tahun 1984. Jenis ikan lele dumbo ini masih termasuk kedalam lele lokal dengan nama latin clarias batrachus yang memiliki bentuk badan dan berat yang sangat relatif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan lele pada biasanya. Sehingga, lele dumbo ini sangat populer bagi para petani yang banyak membudidayakan dan mengembangkannya di berbagai daerah.

1Selain itu, ikan lele dumbo ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan memiliki protein hewani yang sangat tinggi juga serta memiliki nilai ekonomis yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan lele lokal. Namun, menurut dari Djatmika et al., 1986 mengatakan bahwa ikan lele dumbo ini dapat diklasifikasikan, morfologi dan taksonomi berdasarkan kedudukannya yaitu sebagai berikut :

Klasifikasi Ikan Lele Dumbo

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Pisces

Ordo : Ostariophysi

Famili : Claridae

Genus : Clarias

Spesies : Clarias gariepsinus Bursell

Morfologi Ikan lele DumboC

Menurut dari Puspowardoyo dan Djarijah, 2002 mengatakan bahwa ikan lele dumbo ini memiliki morfologi yang sangat mirip dengan ikan lele lokal (clarias batrachus ). Bentuk tubuh yang memanjang, bulat, kepala yang agak melebar, tidak memiliki sisik, memiliki kulit yang licin, warna kulit terdapat bercak – bercak berwarna keputihan hingga kecoklatan abu – abu.

Sedangkan menurut dari Santoso, 1994 ikan lele dumbo ini memiliki empat pasang sungut yang berada di sekitar mulut yang terdiri dari sungut nasal dua buah, sungut mandibular luar dua buah, sungut mandibular dalam dua buah, serta maxilar dua buah. Selain itu, cara mencari makanannya ikan ini dibantu dengan dua cara yaitu melalui alat penciumannya dan rabaanya ( Tentakel ) dengan melakukan pergerakan pada bagian sungut terutamanya bagian mandibulur.

Menurut Santoso, 1994 juga mengatakan bahwa ikan lele dumbo ini memiliki lima buah sirip yang terdiri dari sirip pasangan ( ganda ) dan sirip tunggal. Sirip pasangan diantaranya sirip dada, dan sirip perut. Sedangkan sirip tunggal sirip punggung ( dorsal ), ekor ( caudal ), serta sirip dubur ( anal ). Sirip pada bagian dada ini dilengkapi dengan patil yang tidak memiliki racun, berbentuk runcing pendek dan juga tumpul.

Baca juga : Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme