Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Teri

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Teri – Ikan teri atau ikan bilis merupakan jenis ikan kelompok kecil yang termasuk famili Clupeidae dengan ordo Malacopterygii yang berwarna tubuh perak kehijauan ataupun kebiruan. Ikan ini memiliki panjang tubuh berkisar 145 mm bahkan juga ada mencapai 5 cm, berbentuk pipih, dengan ukuran relatif kecil.

1

Secara sistematika ikan teri ini dapat diklasifikasikan dan morfologikan menurut Saanin, 1984 adalah sebagai berikut :

Klasifikasi ikan teri

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Sub filum : Vertebrata

Kelas : Pisces

Sub kelas : Teleostei

Ordo : Malacopterygii

Famili : Clupeidae

Genus : Stolesphorus

Spesies : Stolephorus Sp.

Morfologi Ikan teri

Ikan teri ini memiliki bentuk memanjang dengan panjang tubuh sekitar 145 mm bahkan juga akan mencapai 5 cm, ikan ini memiliki bentuk kecil dan agak pipih. Bagian kepala ikan ini berbentuk bulat memanjang dengan diameter 2-3 mm, di lengkapi dengan insang dibagian kepala dan juga mata bulat berwarna kehitaman.

Bagian tubuh memanjang dilengkapi dengan adanya garis berwarna perak memanjang mulai dari pangkal kepala hingga pangkal ekor. Pangkal ekor ikan ini berbentuk kerucup atau meruncing dengan panjang 2 – 3 mm bahkan lebih. Berat rata – rata ikan teri ini berkisar 2-3 gram bahkan lebih tergantung dengan jenis dan variatesnya.

Komposisi kmia dan kandungan gizi ikan teri

Ikan teri ini memiliki kandungan protein, mineral, vitamin, dan zat besi yang dapat berguna dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kecerdasan. Kandungan protein ini tersusun dari beberapa asam amino esensial, komposisi ikan teri ini akan dipengaruhi olah faktor utama intrinsik dan eksterinsik. Faktor interinsik ini berupa jenis ikan, umur dan jenis kelamin, sedangkan faktor eksterinsik lingkungan, musiman dan jenis makanan yang dikonsumsi ( Fauzi dkk )

Menurut BKKP, 2012 komposisi ikan teri kering tersusun dari protein 68,7 %, lemak 4,2 %, air 16,7 %, Fosfor 225 mg, kalisum 1,20 mg dan zat besi 23,4 mg.

Baca juga :

Tambahan :

Ikan teri ini termasuk ikan ikan pelagis dengan hidup bergerombolan atau kelompok yang terpencar – pencar ( patchness ). Selain itu, memiliki kecepatan berenang hampir ikan lainnya dan memiliki bentuk yang hampir menyerupaui cerutu dan torpedo. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme