Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Anggrek

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Anggrek – Bunga anggrek adalah salah satu bunga hias, yang banyak ditemukan diberbagai daerah bahkan dunia. Bunga anggrek ini termasuk dalam famili orchidaceae dengan ordo orchidales yang memiliki bentuk bunga menjari dan memiliki ragam warna mulai dari merah, pink, putih dan juga keungguhan.

1

Bunga anggrek ini memiliki 20.00 spesies yang menyebar keberbagai seluruh dunia, diantaranya hanya 6.000 spesies ditemukan di hutan – hutan Indonesia. Berdasarkan penelitian Dressier dan Dodson, 2000 dalam Widiastoety, dkk. 2010. Bunga anggrek ini dapat diklasifikasikan dan morfologikan adalah sebagai berikut :

Klasifikasi bunga anggrek

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Monocotyledoneae

Ordo : Orchidales

Famili : Orchidaceae

Sub famili : Epidendroideae

Suku : Epidendreae

Sub suku : Dendrobiinae

Genus Dendrobium

Spesies : Dendrobium macrophylumm, Dendrobium canaliculatum, Dendrobium lineale, Dendrobium bifale dan Dendrobium secundum.

Morfologi bunga anggrek

Bunga ini memiliki struktur morfologi yang terdiri dari bunga, daun, batang, akar dan biji diantara yaitu :

a. Bunga

bunga anggrek ini merupakan tanaman hias yang memiliki keragaman warna dan bentuk bunga yang bervariasi, namun pada umumnya bunga memiliki struktur yang sama. Bunga anggrek ini terdiri dari kelopak ( sepal ), mahkota, petal, lidah ( labelum ), bakal buah yang dibentuk dengan menyatuan putik dengan benang sari.

b. Buah

Bentuk buah bunga anggrek ini berbeda – beda tergantung dengan jenisnya, bunga anggrek lentera atau capsuar memiliki enam rusuk. Tiga diantaranya rusuk sejat dan tiga lainnya melekat pada dua tepi dain buah yang berlainan. Buah ini memiliki warna dan bentuk yang kecil dan terdapat jutaan biji didalamnnya yang lembut dan halus.

c. Daun

Daun bunga anggrek memiliki warna hijau dengan bentuk membesar dan meruncing keatas. Bunga ini memiliki pertulangan daun sejajar, dan juga ada yang bersifat tidak ada keserantakan keguguran daun. Ada beberapa tipe daun berdasarkan jenis dan varietesnya diantara :

  • Kelompok evergreen ( daun tipe segar maupun hijau ) bersifat tidak memiliki keserentakan dalam gugur daun.
  • Kelompok decides ( tipe gugur ) bersifat memiliki keserentakan dalam gugur, untuk memunculkan bakal bunga dan biji.

d. Batang

Batang bunga ini tebal dan mengembung yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan dan air untuk menghindari kekeringan pada tanaman. Batang tanaman ini memiliki dua tipe diantaranya yaitu :

  • Monopodial, batang bersfiat tunggal dan memiliki satu titik tumbuh.
  • Simpodial, batang bersfiat berumbi semu dan memiliki ruas – ruas tahunan.

e. Akar

Akar bunga anggrek berbentuk silinderis dan berdaging lunak, mudah patah, serta memiliki ujung kar meruncing licin dan sedikit lengket. Dalam keadaan kering akar tanaman ini akan berwarna putih abu – abu pada bagian luar dan bagian ujung akar berwarna kehijau – hijuan atau keungguan. Sedangkan, akar yang sudah tua akan berwarna kecoklatan muda hingga tua yang akan digantikan dengan akar baru atau tunas baru.

Baca juga :

Itulah klasifikasi dan morfologi bunga anggrek, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme