Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Tongkol ( Euthynnus affinis )

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Tongkol ( Euthynnus affinis ) – Ikan tongkol merupakan salah satu ikan yang termasuk kedalam ikan tuna kecil, yang memiliki badan memanjang, tidak memiliki sisik dan juga mempunyai sirip punggung yang sangat keras. Ikan tongkol ini termasuk kedalam famili scombridae dengan genus euthynnus yang memiliki ukuran yang lumayan besar, dengan panjang sekitar 50-60 cm dan juga berwarna abu-abu serta memiliki daging debal berwarna merah tua.

1

Namun, untuk menentukan beberapa tingakatan dapat dilakukan dengan cara  menentukan anatomi, morfologi dan klasifikasi ikan tongkol ini dapat dibedakan berdasarkan tingkatannya yaitu sebagai berikut :

Klasifikasi ikan tongkol

Menurut saenan, 1984 klasifikasi ikan tongkol ini adalah sebagai berikut :

Kingdom : Animalia

Phylum : Chordata

Sub phylum : Vertebrata

Kelas : Pisces

Sub kelas : Teleostei

Ordo : Percomorphi

Famili : Scombridae

Genus : Euthynnus

Spesies : Euthynnus affinis

Morfologi ikan tongkol

Ikan tongkol ini memiliki bagian kepala memanjang dan agak meruncing dengan mulut yang meruncing kebawah, selain itu memiliki bagian kelapa berawarna abu – abu yang mengkilat. Bagian badan memanjang dengan bentuk pipih disertai dengan adanya sirip punggung, dubur, perut dan juga dada pada bagian pangkal melengkung pada tubuh. sehingga bagian sirip tersebut dapat dilipat masuk kedalam lekukan tersebut. Dan bagian belakang dari sirip punggung dan sirip dubur tersebut merupakan sirip tambahan kecil yang disebut dengan finlet. ( Djunhanda, 1981 )

Komposisi kimia ikan tongkol

Komponen kimia utam dari daging ikan adalah air, protein dan lemak yang mencapai 98 % dari total berat daging. Selain itu, komponen ini juga sangat mempengaruhi terhadap nilai nutrisi, sifat fungis, kualitas sensori dan stabilitas penyimpanan pada daging.  Kandungan komponen kimia lainnya itu berupa karbohidrat, vitamin dan mineral berkisar 2 % yang sangat memiliki peran penting dalam biokima didalam jaringan ikan yang sudah mati ( Sikoski, 1994 ).

Kandungan gizi  ikan tongkol ini berupa kadar air 71.00-76.776 %, protein 21.60-26.30 %, lemak 1.30-2.10 %, mineral 1.20-150 % dan abu 1.45-3.40 %. Secara umum bagian ikan yang dikonsumsi berkiasr antara 45 – 50 %. ( Suzuki, 1981 )

Baca juga : Karakteristik Kambing Saenan ( Capra aegagrus hircus )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme