Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Jambu Air

Klasifikasi dan Morfologi Jambu Air – Jambu air adalah salah satu tumbuh-tumbuhan yang termasuk kedalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara, yang menyebar diberbagai pulau-pulau pasifik.

Tanaman jambu memiliki banyak spesies yang meghasilkan buah-buahan, namun umumnya terdapat dua spesies jambu air  yang terkenal yaitu jambu air kecil (Syzygium aquaeum) dan jambu air besar (Syztgium samarangense).

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Bebek (Itik)

Klasifikasi jambu air menurut Crongquist (1981) adalah sebagai berikut:

Klasifikasi Jambu Air

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Subkelas: Rosidae

Ordo: Myrtales

Famili: myrtaceae

Genus: Syzygium

Spesies: Syzygium aqueum

Morfologi Jambu Air

Morfologi jambu air dapat dilihat berdasarkan bagian-bagiannya yaitu terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah dan biji.

1. Akar (radix) Tanaman

Tanaman jambu air memiliki akar tunggang atau disebut dengan akar radik primaria. Perakaran memiliki percabangan yang berukuran relatif kecil, yang merupakan bagian dari akar tunggang tersebut.

2. Batang (Caulis) Tanaman

Batang tanaman jambu air merupakan batang berkayu, memiliki struktur keras dan kuat, tekstur kasar, berwarna kecoklatan dan terdapat bercak coklat. Batang tumbuh dengan tegak dan mencapai ketinggian berkisar 3 m-10 m atau bahkan lebih.

3. Daun (Folium) Tanaman

Daun tanaman jambu adalah jenis daun tunggal, berhadapan dan bertangkai. Panjang daun berkisar 15-20 cm dan lebar 4-6 cm atau lebih dengan pertulangan menyirip dan berwarna hijau. Pada bagian ujung daun tumpul, dan bagian pangkal bulat, selain itu permukaan daun sebagian besar mengkilap.

4. Bunga Tanaman

Bunga tanaman jambu adalah bunga jenis majemuk, karangan bunga berbentuk malai serta memiliki bunga berwarna kuning keputihan. Bunga tanaman jambu air terletak di ketiak daun, bagian kelopaknya berbentuk corong, benang sari berukuran 3-3,5 cm berwarna putih dan terdapat lebih dari 20 benang sari dengan ukuran putik 4-5 cm berwarna hijau pucat. Bunga tanaman jambu air juga disebut dengan bunga lengkap.

5. Buah tanaman

Buah tanaman jambu berbentuk lonceng, kerucut atau berbentuk membulat keatas berwarna hijau ketika masih mudah dan berwarna kemerahan ketika sudah tua/matang. Biji tanaman jambu air berbentuk seperti ginjal berwarna putih hingga coklat dengan berdiameter 1-1,5 cm, dan memiliki selaput berwarna putih.

Baca Juga:

 

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Air. Semoga berguna dan bermanfaat bagi para pembaca.

 

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme