Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Kutu Putih (Bemasia tabaci)

Klasifikasi dan Morfologi Kutu Putih (Bemasia tabaci) – Kutu putih atau dikenal Kutu kebul adalah hama yang sering menyerang berbagai macam jenis tanaman, terutamanya tanaman buah, hias, sayuran ataupun tanaman lain. Hama ini akan menyerang pada batang tangkai daun, batang tanaman, buah dan daun.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal)

Namun, sebagian kasus yang banyak ditemukan sering menyerang pada tanaman buah-buahan. Hama ini akan mengumpul atau secara berkelompok menyerang tanaman. Berikut Klasifikasi dan Morfologi Kutu Putih (Kutu Kebul).

Klasifikasi Kutu Putih (Kutu Kebul)

Kingdom: Metazoa

Phylum: Arthropoda

Subpylum: Uniramia

Kelas: Insecta

Ordo: Hemiptera

Subordo: Sternorrhyncha

Superfamily: Aleyrodoidea

Famili: Aleyrodidae

Genus: Bemesia

Spesies: Bemisa tabaci

Morfologi Kutu Putih (Kutu Kebul)

Telur berbentuk elips dengan panjang berkisar 0,2-0,3 mm, telur biasanya diletakan secara berkelompok dibagian permukaan daun dan permukaan buah. Masa inkubasi telur selama 4-6 hari pada suhu 26-320 C, sedangkan pada suhu 18-220 C masa inkubasi telur selama 10-16 hari. Jumlah telur yang diletakan di permukaan daun dan buah yang terserang virus berjumlah 77 butir dan pada daun dan buah sehat berjumlah 14 butir (Suharto, 2007).

Bermisia tabaci memiliki tiga instar nimfa, yang akan berlangsung selama 12-15 hari. Panjang tubuh nimfa berkisar 0,2-0,4 mm, berbentuk bulat panjang dengan torak melebar dan cembung serta ruang abdomen terlihat dengan jelas (Anonim, 2011a).

Ketika sudah menjadi serangga memiliki panjang 1-1,5 mm, bersayap tipis, dan tubuh serangga memiliki warna putih hingga kekuningan. Serangga yang baru menjadi dewasa akan mengembangkan sayapnya selama 8-15 menit dan kemudian tubuh akan tertutupi tepung lilin (Suharto, 2007).

Lama hidup Bemasia tabaci tergantung dengan keadaan lingkungan dan faktor lain. Lama hidup imago rata-rata di Indonesia berskiar 6 hari. Namun, secara umumnya serangga jantan umurnya lebih pendek dibandingkan betina berisar 9-17 hari dan betina mencapai 37-74 hari (Suharto, 2007).

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Kutu Putih (Bemasia tabaci).  Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme