Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal)

Klasifikasi dan Morfologi Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal) – Wereng coklat atau dikenal dengan wereng batang coklat merupakan salah satu jenis hama sekunder yang sering menyerang tanaman padi dan menyebabkan kegagalan panen. Wereng ini akan menyebabkan tanaman menjadi  kerdil, layu, lambat laun tanaman akan berubah menjadi kecoklatan terutamanya pada bagian batang hingga merambat ke daun dan menyebabkan tanaman mati.

Hama ini memiliki nama latin Nilaparvata lugens Stal yang tergolong kedalam famili Delphacidae dan genus Nilaparvata. Untuk lebih jelasnya berikut adalah klasifikasi dan morfologi wereng batang coklat

Klasifikasi Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal)

Kingdom: Animalia

Filum: Arthropoda

Kelas: Insecta

Ordo: Homoptera

Famili: Delphacidae

Genus : Nilaparvata

Spesies: Nilaparvata lugen Stal

Morfologi Wereng Coklat (Nilaparvata lugens Stal)

Telur wereng coklat berbentuk lonjong dan terletak secara berkelompok dalam pangkal pelepah daun tanaman, pupulasi wereng yang tinggi biasanya terletak di ujung pelepah daun dan pada tulang daun. Jumlah telur yang diletakan ini beragam, tiap satu kelompok anatar 3-21 telur. Telur akan menetas antara 7-11 hari  atau rata-rata 9 harian.

Setelah menetas akan menjadi nimfa yang akan mengalami pergantian kulit atau disebut instar, rata-rata nimfa berkisar 12,8 hari. Sebelum nimfa menjadi wereng akan mengalami pergantian kulit sebanyak 5 kali, dengan lama pergantian kulit yang berbeda. Warna nimfa ini adalah coklat krem dan akan berubah warna menjadi keabuan, dengan panjang nimfa dewasa 2,1 mm dapat berkembang menjadi dua tipe yaitu Makroptera (bersayap panjang) dan Brakhiptera (bersayap kerdil).

Ketika sudah menjadi wereng, wereng dewasa memiliki panjang badan 2,6-2,9 mm dengan warna kehitaman, bergerak dengan berjalan dan terbang. Wereng coklat mempunyai siklus hidup dengan cepat sekitar 10-20 hari.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal). Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme