Ilmu Pengetahuan Lengkap

Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman  Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.)Belimbing wuluh adalah salah satu tanaman masih dalam  famili belimbing (Oxalidaceae). Tanaman ini diperkirakan berasal daerah Amerika tropic.

Baca juga: Klasifikasi Flamboyan

Tanaman ini dikenal di Indonesia, dengan berbagai sebutan, seperti Limeng (Aceh), Selmengo (Gayo); asom belimbing, balimbingan (Batak), malimbi (Nias), belimbing wuluh (Jawa), bhalingbing bulu (Madura), blingbing bulu (Bali), celene (Bugis) dan Malini (Malmahera).

Klasifikasi Belimbing Wuluh

Klasifikasi ilmiah belimbing wuluh, menurut Tjitrosoepomo (2000) adalah sebagai berikut:

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)

Subkingdom: Trachebionta (berpembuluh)

Superdivisi: Spermatophyta (menghasilkan biji)

Divisio: Magnoliophyta (berbunga)

Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)

Sub kelas: Rosidae

Orod: Geraniales

Famili: Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan)

Genus: Averrhoa

Spesies: Averrhoa bilimbi L.

Morfologi Belimbing Wuluh

Morfologi atau ciri-ciri belimbing wuluh, dapat dilihat dari akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Berikut penejalasannya:

1.Akar

Akar belimbing wuluh memiliki system perakaran tunggang, berwarna kecoklatan, dan juga memiliki panjang sampai 5-6 m bahkan lebih.

2.Batang

Batang belimbing wuluh memiliki batang tegak, bercabang, permukaan kasar, banyak tonjolan, berwarna hijau. Tanaman ini berbentuk pohon dengan tinggi sampai 5-10 m.

3.Daun

Daun belimbing wuluh memiliki daun majemuk menyirip ganjil dengan 21-25 pasang anak daun, anak daun bertangkai pendek, bentuknya bulat telur atau oval, ujung runcing, pangkal membundar, tepi rata, panjang 2-10 cm, lebar 1-3 cm, berwarna hijau pada bagian bawah permukaan (Wijayakusuma dan Dalimartha, 2006).

4.Bunga

Bunga belimbing wuluhberbentuk bintang berwarna unggu tua muncul dari batang dengan tangkai bunga berambut dan mahkota bunga berjumlah lima.

5.Buah

Buah belimbing wuluh berbentuk bulat panjang (lonjong) bersegi tumpul, termasuk kedalam buah buni panjangnya 4-6,5 cm, berwarna hijau muda ketika masih muda, dan ketika sudah tua atau masak berwarna kuning atau kuning pucat, permukaan kulit mengkilap dan tipis.

6.Biji

Biji berbentuk lanset atau segitiga, warna hijau  saat muda dan berubah kekuningan setelah tua, dala, satu buah terdapat 1-2 biji atau lebih.

Baca juga: Klasifikasi Palem Ekor Tupai

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman  Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi L.). Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaa. TERIMA KASIH.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fredikurniawan.com © 2019 Frontier Theme