Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa – Tanaman kelapa termasuk Aricaceae merupakan tanaman suku pinang –pinangan. Tanaman kelapa memiliki biji keping satu, berakar serabut dan tergolong  keluarga palem ( palmea ). Tanaman ini sangat mudah dibudidayakan dan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

1

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa

Klasifikasi tanaman kelapa

Kingdom : Plantae

Subkingdom : Spermatophyta

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Liliopsida

Sub Kelas : Arecidae

Ordo : Arecales

Famili : Arecaceae

Genus : Cocos

Spesies: Cooco nufera L.

Morfologi Tanaman Kelapa

Tanaman kelapa pada umumnya tidak memiliki cabang dan mempunyai daun yang licin. Berikut morfologi tanaman kelapa:

a. Batang

Batang kelapa tumbuh tegak keatas dan tidak bercabang. Kecualit tanaman ini tumbuh di sekitar persuangaian yang akan menyesuaikan arah sinar matahari.

b. Akar

Tanaman kelapa yang baru bertunas mempunyai akar tunggang. Namun, pertumuhan akat tersebut sangat cepat dan akan terlihat seperti berlapis. Akar tanaman memiliki struktur yang lembut di bagian dalam dan berair, serta berwarna kecoklatan.

c. Daun

Daun pada tanaman kelapa di mulai biji sudah berkecambah daan memiliki 4-6 helai daun mudah. Daun tersusun saling membalut satu sama lain dan berwarna hijau mudah. Bentuk daun hampir menyerupai kelapa sawit.

d. Bunga

Tanaman kelapa berbunga setelah berumur 3-4 tahun, dan tumbuh pada ketiak dauan bagian luar yang diselubungi oleh seludang yang disebut mancung ( saptha ). Bertujuan untuk melindungin calon bunga dan buah pada pohon kelapa.

e. Buah

Bunga betina yangs suda di buahi akan tumbuh dengan baik sekitar 3-4 minggu. Namun, perhatikan juga tidak semua buah bisa di petik karena pohon kelapa tidak semuanya bisa membesarkan buah dengan baik.Buah pada tanaman ini berwarna hijau atau kuning tergantung variatesnya dan jika berwaran kecoklatan bahwa menunjukan buah tersebut sudah tua.

Baca juga:  Klasifikasi dan Morfolgi Tanaman Padi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme