Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lada

Klasifikasi dan Morfologi  Tanaman Lada – Tanaman lada ( Piper nigrum L ) merupakan tanaman yang banyak di budidayakan di indonesia. Tanaman lada berfamili dengan Piperaceae yang berasal dari india dan menyebar luas keberbagai benua terutamanya benua Asia.

1

Klasifikasi Tanaman Lada

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Sub Divisi : Angiospermae

Kelas : Monocotyledoneae

Ordo Piperales

Famili : Piperaceae

Genus : Piper

Spesies : Piper nigrum Linn.

Morfologi Tanaman Lada

Daun pada tanaman lada memiliki warna hijau berbentuk oval dan runcing di bagian ujung. Daun pada tanaman ini yaitu daun tunggal dengan panjang 12 – 18 cm dan ebar 3 cm dengan tangkai panjang 4 cm.

Batang tanaman lada di sebut juga batang stolon yaitu batang dengan tumbuh tegak ketas dan batang pada tanaman ini juga bercabang dan menjalar. Batang lada berbentuk lunak dan agak pipih dan beruas-ruas dengan panjang ruas 7-12.

Sedangkan bunga pada tanaman lada berbentuk majemuk dan tumbuh pada ketiak tangkai daun. Bunga tanaman ini memiliki malai 100-150 bunga yang akan menjadi buah. Dan buah pada tanaman ini berwran hijau dan merah jika sudah matang. Memiliki biji berwra kecoklatan hitam berdiameter 3-5 mm dam dilindungi daging buah dengan ketebalan 2-3 cm.

Baca juga : Panduan Umum Budidaya Lada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme