Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Melon

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Melon – Tanaman melon (Cucumis melo L ) merupakan salah satu jenis tanaman buah yang sangat terkenal. Tanaman ini berasal dari perbatasan asia barat dengan erofa da afrika. Tanaman ini masih berfamili dengan Cucurbitaceae, yang memiliki bentuk bulat, lonjong dan juga memiliki garis. Selain itu, tanaman melon ini juga merambat dan memiliki warna yang sangat bervariasi tergantung dengan varietesnya.

1

Tanaman ini sudah menyebar keberbagai benua salah satunya adalah benua Asia yaitu indonesia banyak sekali yang membudidayakannya dengan berbagai media baik dengan media tanah atau polibag maupun dengan media hidroponik. Lihat disini

Klasifikasi Tanaman Melon

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledonae

Ordo : Cucurbitales

Family : Cucurbitaceae

Genus : Cucumis

Spesies : Cucumis melo L

Morfologi Tanaman Melon

Tanaman melon merupakan tanaman semusim atau setahunan yang bersifat merambat atau menjalar dengan bantuan alat pemegang berbentuk lilin. Tanaman melon ini terdiri 2 dauan tembaga sehingga termasuk dalam kelas tumbuhan dikotil.

a. Akar

Tanaman ini memiliki perakaran tunggang terdiri dari atas  akar utama dan akar literal. Panjag akar utama dari pangkal batang mencapai 15-20 cm. sedangkan akar sekunder keluar dari serabut akat di sebut akar tersier, penyebaran akan ini mencapai 35-45 cm.

b. Batang

Tanaman ini memiliki bantang berwarna hijau muda dengan berbentuk bersegi lima berlekuk dengan 3-7 lekukan dan bergaris tengah 8 – 15 cm. memiliki berhulu dan terdapat buku atau ruas – ruas yang melekat pada tangkai daun.

c. Daun

Tanaman ini memiliki daun berwarna hjau berbentuk dbercangkao atau menjari bersudut lima. Berlekuk 3-5 lekukan dan ebrgaris tengah 8-15 cm. Daun tanaman memiliki permukaan kasar, dan susunan daun berselang-seling.

d. Bunga

Tanaman ini memiliki bunga yang tumbuh di ketiak daun, bunga jantan berbentuk secara berkelompok 3-6 buah. Bunga jantan akan muncul pda ketiak daun yang di topang dengan tangkai pipih panjang dan hanya terdiri dari mahkota bunga dan benang sari serta tidak memiliki bakal buah. sedangkan bunga betina muncul pada ruas percabangan di ketiak daun terdiri dari bunga, putik dan bakal buah. setelah itu kedua itu akan akan menyerbuk dengan bantuan angin sehingga akan menjadi bakal buah.

e. Buah

Tanaman ini memiliki buah yang terdiri dari kulit buah, daging buah, dan biji. Kulit buah tidak terlalu tebal 1-2 mm, tetapi keras dan kuat. Kulit ini memiliki lapisan yang tersusun epidermis, mesodermis dan endodermis. Bentuk buah melon ini bulat, lonjong dan lainnya dengan memiliki warna hijau, kuning dan juga ada kehijaua tua. Sedangkan daging buah berwarna hijau, kuning keputihan dan juga jingga.

f. Biji

Tanaman melon memiliki biji berwrna coklat muda, panjang 0.9 mm dan berdiameter 0.4 mm. Dalam satu buah melon terdapat biji sekitar 500 – 600 biji.

Baca juga : Panduan Dasar Budidaya Melon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme