Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak – Tanaman salak merupakan tanaman buah yang masih dalam jenis buah palma yang memiliki kulit hampir menyerupai sisik ular. Tanaman salak ini memiliki nama latin Salacca zalacca atau sering dikenal dengan sebutan snake fruit.

1

Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki duri yang sangat banyak dibagian batangnya, dan bahkan juga di bagian sekitar buahnya. Ada beberapa spesies yang menyebar luas buah salak ini, namun secara garis besar hanya beberapa saja yang dikenal. Berdasarkan sistematisnya yang dilansir dari beberapa jurnal tanaman salak ini dapat diklasifikasikan dan morfologi sebagai berikut :

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Liliopsida ( bekeping satu / monokotil )

Sub kelas : Arecidae

Ordo : Arecales

Familia : Arecaceae ( suku  pinang – pinangan )

Genus : Salacca

Spesies : Salacca zalacca ( Gaertn. ) Voss

Morfologi tanaman salak

Tanaman salak ini merupakan tanaman yang berbentuk perdu atau tidak memiliki batang, berduri banyak, melata dan beranak banyak, tumbuh menjadi sebuah tanaman berumpun yang sangat rapat dan kuat. Bagian batang menjalar kebawah atau permukaan tanah, membentuk sebuah rimpang, bercabang dengan diameter mencapai 10-15 cm.

Daun tanaman salak ini majemuk menyirip, dengan panjang 3-7 m, tangkai daun, pelepah dan memiliki peranakan atau anak dengan daun berduri panjang, tipis dan juga banyak, serta warna duri tersebut berwarna kehitaman. Anak daun tanaman ini terbentuk lanset dengan bagian ujung meruncing, dengan ukuran berkisar 8 x 85 cm bagian bawah berwarna keputihan yang hampir menyerupai lapisan lilin.

Kebanyakan memiliki bagian rumah dua, dengan karangan bunga yang terletak didalam tongkol majemuk yang muncul pada bagian ketiak daun, bertangkai, mula – mula tertutup dengan seludang, yang dilapisi dengan serabut halus. Tongkol bunga jantan ini memiliki panjang 50- 100 cm, terdiri dari 4-12 bulir slindris yang masing – masing memiliki panjang antara 7-15 cm, warna bunga kemarahan yang tersusun dengan rapat. Sedangkan tongkol  bunga betina ini panjang berkisar 20-30 cm, bertangkai panjang, terdiri atas 1-3 bulir yang mencapai panjang 10 cm.

Buah pada tanaman ini berbentuk segitiga agak bulat telur berbalik, runcing dipangkalnya dan membulat pada bagian ujungnya, panjang 1,5 – 10 cm, yang terbungkus oleh sisik yang hampir menyerupai ular berwarna kecoklatan hitaman mengkilap, terdapat duri halus yang melindunginya. Dinding buah sangat tebal, berwarna kuning krem hingga berwarna keputiha, berasa manis tergantung varietes, dengan terdapat 1 biji berwarna kehitaman, keras dengan panjang 2-3 cm.

Baca juga :

Itulah ulasan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman salak semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme