Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Selada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Selada – Selada adalah tanaman yang termasuk dalam tumbuhan sayuran yang biasanya ditanam pada daerah beriklim sedang maupun beriklim tropika. Biasanya tanaman ini digunakan oleh sebagai salad, atau tambahan olahan makanan lainnya. Tanaman selada ini memiliki nama latin Lactuca sativa L yang termasuk kedalam famili composita dari genus lactuca, tanaman ini termasuk kedalam tanaman yang semusim yang memiliki banyak bentuk ( pilomorf ) terutamanya bagian daunnya.

1

Secara umumnya, selada memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi terutamany kandungan mineral. Secara sistematis botani, tanaman selada ini dapat diklasifikasi dan morfologi.

Klasifikasi tanaman selada

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliosida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Asteridae

Ordo : Asteraceae

Famili : Asteraceae

Genus : Lactuca

Spesies : Lactuca sativa L.

Morfologi tanaman selada

Tanaman selada dapat tumbuh dengan baik pada iklim sedang maupun tingg, yang menjalar atau tegak mencapai ketinggian 1 m, memiliki perakaran tunjang dan juga menghasilkan buku – buku. Tanaman ini juga memiliki percabangan yang banyak dan berbatang licin, dan memiliki banyak cairang serta berongga. Daun tanaman ini berbentuk majemuk, yang tersusun berselang – seling atau radikaslis dan tidak memilki stipula.

Bunga tanaman ini biseksual, yang memiliki simetris banyak berwarna kekuninga, terletak pada rangkaian yang lebat dan tangkai bunga mencapai ketinggian 90 cm. Bunga ini menghasilkan buah berbentuk polong yang berisi biji. Biji didalam buah tersebut berbentuk pipih, berukuran kecil, berbulu dan berwarna kecoklatan.

Kandungan tanaman selada

Kandungan daun tanaman selada mengandung antioksidan, seperti betakaroten, falat dan lutein serta mengandung indol yang bermanfaat untuk melindungi dari serangan kanker. Kandungan serat alami didalamnya juga berguna untuk melancarkan dan menyehatkan kesehatan pencernaan. Kandungan tersebut seperti kalori, air, protein, lemak, karbohidrat, kalisum, fospat, besi, vitamin A dan B1.

Adapun, kandungan lainnya berdasarkan 100 gram selada diantaranya kalori 15.00 kal, protein, 1,20 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 2,9 g, Ca 22,00 mg, Fe 0,5 mg, vitamin A 540 SI, Vitamin B 0,04 dan aor 94,80 g.

Baca juga :

Itulah klasifikasi dan morfologi tanaman selada semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme