Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semanggi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semanggi  – Semanggi adalah adalah salah satu jenis tanaman yang dapat ditemukan di pinggiran persawahan maupun tepi saluran irigasi. Tanaman semanggi ini merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk kedalam ordo salviniales  dengan genus marsilea yang memiliki bentuk hampir menyerupai payung yang tersusun dari empat anakan daun muda yang saling berhadapan.

2

Daun tanaman ini memiliki bentuk sama atau disebut klover, yang biasanya digunakan untuk bahan utama makanan membuat pecel semanggi. Selain itu, daun tanaman ini memiliki kandungan fitoestrogen yang dapat digunakan untuk mencegah resiko osteoporesis, batu empedu, infeksi saluran urine dan lainnya.  Berdasarkan hasil penelitian yang sudah di termukaan tanaman semanggi ini dapat diklasifikasikan dan taksonomikan berdasarkan tingkatannya sebagai berikut :

Klasifikasi tanaman semanggi

Kingdom : Plantae

Sub kingdom : Tracheobionta

Divisi : Pteriodophyta

Kelas : Pteriodopsida

Ordo : Salvinales

Famili : Marsileaceae

Genus : Marsilea

Spesies : Marsilea crenata

Adapun 35 spesies dan varietes yang sudah di temukan antara lainnya : M. Quadrifolia, M. Drummondli, M. Marcrocapra dan m. Exarata

Morfologi tanaman semanggi

Tanaman semanggi memiliki perakaran tunggang, dengan serabut yang menjalar di permukaan tanah.  Perakatan tersebut mencapai kedalam 60 cm bahkan lebih tergantung pertumbuhan tanaman. Selain itu, memiliki perbatangan tegak, dan halus dengan tinggi mencapai 8-20 inchi. Dengan diimbangi percabangan – percangan berwarna kemerahan mengkilat yang dikelilingi dengan serabur halus berwarna keputihann.

Daun pada tanaman ini memiliki bentuk bulat meruncing di setiap bagiannya dengan tiga daun dalam satu tangkai. Daun tersebut memiliki warna hijau muda hingga kekuningan dengan diamter 1 – 1,5 cm bahkan kurang. Selain itu, daun pada tanaman ini saling berhadapan dengan bentuk yang sama disebur klover.

Manfaat tanaman kemangi

  • Digunakan untuk mengobati amendel
  • Digunakan untuk mengobati sariawan
  • Sebagai obat alternatif batuk dan sesak nafas
  • Mengatasi infeksi saluran urine

Baca juga :Klasifikasi dan Morfologi Ikan Buntal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme