Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan  Kayu Putih (Melaleuca leucadendra)

Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan  Kayu Putih (Melaleuca leucadendra) – Kayu putih atau gelam merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan (Mytaceae) ayng dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih. Minyak tersebut diekstrak, terutamanya pada bagian daun, dan rantingnya.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Daun Salam (Syzygium polyanthum)

Tumbuhan kayu putih memiliki nama latin Melaleuca leucadendra dengan ordo Myrtales, yang merupakan tanaman yang tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara. Minyak kayu putih biasanya juga digunakan sebagai bahan campuran parfum, produk rumah tanggah dan industri di bidang pengobatan.

Klasifikasi Tumbuhan Kayu Putih

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Myrtales

Famili: Myrtaceae

Genus: Melaleuca

Spesies: Melaleuca leucadendra

Morfologi Tumbuhan Kayu Putih

1. Batang

Batang memiliki ketinggian berkisar 10-20 m, kulit batang berlapis-lapis, berwarna putuh keabu-abuan dengan permukaan tidak beraturan dan kasar. Batang pohon tidak terlalu besar dan memiliki percabangan sedikit.

2. Daun

Daun tumbuhan kayu putih adalah daun tunggal, bertangkai pendek, helaian daun berbentuk lonjong atau lanset, panjang 4,5 cm sampai 15 cm, lebar 0,75 cm sampai 4 cm, ujung dan pangkalnya rucing, tepi rata, tulang daun sejajar. Permukaan berbulu, berwarna hijau muda sampai tua, daun jika di remas akan berbau minyak kayu putih.

3. Bunga

Bunga tumbuhan kayu putih adalah bunga majemuk berbentuk bulir, bunga berbentuk seperti lonceng, daun mahkota berwarna putih, kepala putik berwarna kekuningan, dan akan tampak atau muncul di pangkal ujung percabangan daun.

4 .Buah

Buah tumbuhan kayu putih dikenal dengan buah gelam (micro bolong), berbentuk bulat kecil, dibagian tengah terdapat lubang kecil dan antena kecil, buah berwarna hijau muda hinga hijau  kecoklatan. Buah ini muncul secara bergerombol dalam satu tangkai memanjang, dengan jumlah 20-30 buah.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tumbuhan  Kayu Putih (Melaleuca leucadendra).  Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme