Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Bunga Merak (Caesalpinia pulcherrima)

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Merak (Caesalpinia pulcherrima) – Bunga merak atau Kembang merak adalah bunga yang berasal dari Asia dan Afrika. Bunga merak ini memiliki nama latin Caesalpinia pulcherrina, masih dalam suku Caesalpiniaceae. Bunga merak memang sangat indah, namun bunga merak juga memiliki manfaat lain, seperti digunakan sebagai obat menstruasi yang tidak lancar, mata merah, diare, sariawan, perut kembung dan kejang panas pada anak.

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis)

Kandungan yang terdapat dalam bunga merak yaitu, tanin, gallic acid, resin, zat merah dan benzoic acid. Pada daunnya mengandung alkaloid, saponin, tanin, glucoside dan calcium oksalat. Sementara, kulitnya mengandung  plumbagin, lumbagol, tanin, zat samak, alkoloid, saponin dan calcium oksalat.

Klasifikasi Bunga Merak

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Super divisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopdida

Sub kelas: Rosidae

Ordo: Fabales

Famili: Caesalpiniaceae

Fenus: Caesapinia

Spesies: Caesalpinia pulcherrima

Morfologi Bunga Merak

1. Batang

Bunga merak tumbuh secara perdu, mempunyai tinggi 2-4 m dan mempunyai percabangan banyak. Batang bunga ini relatif kecil dan berdiameter 0,5-1 mm berwarna hijau putih, dan padat.

2. Daun

Daun  bunga merak adalah daun majemuk, berbentuk menyirip genap dan ganda dua dengan 4 -12 pasag anak daun berbentuk bulat telur, ujungnya bulat, pangkal menyempit, tepi rata dan permukaan atas berwarna hijau, sedangkan permukaan bawah berwarna hijau kebiruan dengan panjang 1-3,5 cm dan lebar 0,5-1,5 cm.

3. Bunga

Bunga merak adalah bunga majemuk yang panjangnya 15-50 cm, warna merah atau kuning. Mahkota bunga bisa mengalami metamorfosis menjadi tabung mahkota. Proses penyerbukan bunga dibantua dengan binatang kecil, maupun secara alami.

4. Buah dan Biji

Buah bunga merak adalah kacang polong berbentuk pipih dengan panjang 6-12 cm dan lebar1,5 cm berisi 1-8 biji. Buah yang sudah tua berwarna hitam.

Baca Juga:

 

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Bunga Merak (Caesalpinia pulcherrima) semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat

 

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme