Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Klasifikasi dan Morfologi Pohon Kurma (Phoenix dactylifera)

Klasifikasi dan Morfologi Pohon Kurma (Phoenix dactylifera) – Tanaman pohon kurma merupakan jenis tanaman palem atau Arecaceae (suku palem) dan termasuk ke dalam genus Phoenix. Kurma dalam bahasa latin disebut Phoenix dactylifera, asal buah kurma sendiri tidak diketahaui karena sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah Teluk Persia.

 

Baca: Klasifikasi dan Morfologi Ikan Lau Han (Amphilphus trimaculatus)

Ada beberapa jenis kurma, namun di Indonesia kurma yang banyak digemari yaitu, kurma lulu, kurma Mesir, kurma Madinah, kurma tunis dan Iran. Kurma yang paling mahal adalah kurma nabi dan sokari.

Klasifikasi Tanaman Pohon Kurma

Kingdom: Plantae

Sub Kingdom: Tracheobionta

Super Divisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Subkelas: Arecidae

Ordo: Arecales

Famili: Arecaceae

Genus: Phoenix

Spesies: Phoenix dactylifera L.

Morfologi Tanaman Pohon Kurma

Morfologi pohon kurma dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri pohon kurma, umumnya adalah:

1. Batang

Pohon kurma berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, bentuk batang bulat, tidak merata  dan memiliki diameter mencapai 30-45 cm bahkan lebih.  Tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah akar tunggal.

2. Daun

Daun pohon kurma memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan memiliki sekitar 150 pucuk daun muda yang berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm.

3. Bunga

Bunga pohon kurma memiliki dua ruma dengan tinggi sekitar 16-20 m dan tidak memiliki percabangan pada batangnya. Secara morfologis, bunga jantan dan betina sulit dibedakan. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

4. Buah dan Biji

Buah kurma berbentuk lonjong dengan ukuran 2-7,5 cm dengan warna yang bermacam-macam, misalnya coklat gelap, kemerahan, kuning muda dan berbiji. Biji buah kurma berbentuk memanjang, dengan panjang mencapai kurang lebih 1 cm, berwarna coklat muda.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Pohon Kurma (Phoenix dactylifera). Semoga artikel diatas berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme