Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Dan Pengemukan Sapi Potong Yang Cepat

Cara Budidaya Dan Pengemukan Sapi Potong Yang Cepat  – peluang usaha ternak sapi potong ini adalah usaha sambilan masyarakat . Tetapi banyak Nya permintaan saat inimembuat masyaraat menjadi ingin membudidayakannya  dengan usaha ternak ini mendapat keuntungan yang sangt lah luar biasa tinggi . maka dari itu peternak ingin sekali cepat dan suksses dalam beternaknya . berikut mari kita ulas cara budidaya ternak sapi poetong melalui tiga prinsip yang yang susksuses yaitu ( kuantitatif , kaualitas dan kesehatan ) serta metrode pengemukan yang sangt lah cepat .

sapii

Cara Budidaya Ternak Sapi Potong

1 .Pemilihan Jenis Sapi

Ada beberapa jenis sapi yang di gunakan untuk membudidaya dan juga pengemukan yang sangat lah cepat di bandingkan dengan yan lainnya sebagi berikut :

a. Sapi bali

 sapi balai ini memilki ciri-ciri : berwarna merah , warna putih pada kaiki ( menyerupai kaus kaki ) dan pada pantatnya . sapai ini mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya

b. Sapi Ongola

ciri-cirinya : Berwarna putih dan hitam pada seluru bagian tubuhnya  dan memilki punuk . sapi ini di silangkan dengan sapi madura sehingga membentuk sapi ongola . mampu beradaptasi juga dengan baik

c. Sapi Brahman

ciri-cirinya : berwarna coklat tuah dan bagian kepala berwarna putih . daya tumbuhnya sangt lah cepat dan juga sangt lah populer sebagi sapi potong di indonesia saat ini

d. sapi madura

ciri-cirinya : mempunyai punuk , warnah badan kuning kemerrahan  dan bewarna putih pad moncong kepalanya  . tubuhnya berukuran sangt lah besar bagus untuk tingkat produksinya .

e. Sapi limausin

ciri-cirinya : warna bervariasi merah ataupunputih terdapat warn aputih pada bagian monong kepakanya dan sangat lah mudah beradapatsi di lingkungan sekitarnya .

2. Pemilihan Bibit Unggul

Pemilihan ini di lakukan agar bibit yang i hasilakn sangt lah luar biasa berikut ciri-cri memilihnya :

  • Berumur diatas 2,5 tahun
  • Jenis kelamin jantan
  • Bentuk tubuh panjang , bulat dan lebar dengan panjang 10 cm , sedangkan pundang 135 cm dan dada 133 cm
  • Tubuh tidak kurus dan sehat taidak terserang penyakit
  • Pandangan mata selalau bersinar dan bulu halus
  • Kotoran normal

3. Pemeliharan Sapi Potong

a. Perkandangan

secara umumnya . kandang sapi terdiri dari 2 jenis yaitu individu dan kelompok . pada kandang indi vidu sapai potong berukran antara 2,5 x 1,5 m , agar pertumbuhan sapi lebih cepat .sedangkan pada kandang kelompok  , dalam satu periode akan di tempatkan dalam satu kandang , pengelompokan ini sangt lah bagus juga sapi akan lebih cendrung cepat tumbuh karen alebih banyak memakan pakan.

2. Pakan dan Minum

Pakan yang bagus untuk sapi agar cepat dalam pengemukan adalah memakan pakanan hijauan saja , tetapi perlunya ada kombinasi antar hijauan dan konsentrak . Konsentrak yang di gunakan adalah ampas bir , ampas tahu , amapas tebu , kulit kedelai , kulit nanas dan hasil limbah makanan manusia . sedangkan jika anda ingin sangt membantu meningkatkan lagi bobot yang lebih cepat silakan anda campurkan minuman dan makanan sapai potong dengan cara :

  • 1.campurkan 1 botol VITERNA PLUS ( 500 cc ) dan 1 botol  POC NASA ( 500 cc )kedalam wadah khusu seperti minumnya . lalau larutkan kedalam campuran 20 cc HORMONIK dauk hingga merata
  • selanjutnya berikan kepada ternak sapi dengan dosis 10o cc per ekor nartara 2 kali dalam satu hari pagi dan sore saja .

4. Pengendalian Penyakit

1. memanfaatkan kandang karantina

Pemanfaatan ini di lakukan agar kesehatan padaa ternak sapi potong tetap terjag dan terhindar dari serangn penyakit tyngd datang . Hal ini di lakukan satu minggu sekali

2. Menjaga Kebersihan Sapi Dan kandangnya

Sapi yang akan di gemukan akan menghasilakn veses ( kotoran )  yang banyak . Sehingga pembuangan veses harus di lakukan setiap harinya untuk mencegah berkembangnya bakteri dan virus penyabab penyakit yang datang.

3.Vaksinasi Untuk ternak sapi potong

Pemberian vaksinasi ini di berikan secukupnya pada saat sapoi berada di kandang karantina . vaksinasi yang penting di lakukan adalah Vaksinasi Antraxs . Beberapa hewan yang terserang penyakit seperti ini di akibatkan caicangan , penyakit mulut dan kuku bahkan gembung .

5. Faktor yang mempengaruhi ternak potong

1. Pakan

Pakan yang berkualitas akan mempengaruhi juga bobot pada sapi ternak potong. Maka dengan memberikan NBA akan meningkatkan nafasu makan pada sapi serta di berikan la VITERna PLUs akan kaya nutrsi yang akan tumbuh lebih cepat berkembang dan sehat

2. Genetika

Ternak dengan kualitas yang baik akan tumbuh juga dengan sangt lah cepat sehingga produksi akan meningkat

3. jenis skelamin

Ternak jantan tumbuh cepat dari pada betina , walaupun memiliki umur yang sama . ternak jantan memilki tubuh dan daging yang sangt la lebih besar

4 . manajemen

Pemeliharaan yang baik membuat sapi dapat berkembang dengan pesat nta sehat dan kuat dean membentuk daging danb pengemukan yang sangat lah singkat .

Sekian dari artikel saya semoga dapat membantu anda dalam membuka peuang bisnis kecil tapi mengahsilkan yang besar jangan lupa kunjungi juga berbagai informasai masakini di fredikurniawan.com . salam sukses !!

Artikel Populer Saat Ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme