Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Mengulas Cara Budidaya Jangkrik Yang Menjanjikan

Mengulas Cara Budidaya Jangkrik Yang Menjanjikan – tentunya sudah tida asing lagi bagi anda , apalalagi anda pecinta burung tentunya sering dan mencari dan membebeli jangkrik untuk pakan burung anda . pada kesempatan ini saya akan menginformasikan cara berternak jangkrik dengan lah sangat lah mudah . sekrang ini memangbudidaya atau ternak jangkrik sudah menjadi bisnis yang sangat lah menguntungkan , apalagi banyak orang rela membeli jangkrik untuk burung mereka .

Bagi anda yang ingin bisnis tidak lah salah memilih  bisnis ini karena semakin banyak masyarakat yang mencari jangkrik untuk keperluan pakan burung . selain itu permintaan akan kestersediaan jangkrik tiap tahun semakin meningkat dan kini jangkrik sudah menjadi salah satu kmoditi ekspor keluar juga .

jangkrik

Secara umum untuk memproduksi jangkrik untuk keperluan ikan dan pakan burung memerlukan waktu sekitar 2 – 3 bulan ., jangkrik betina memilki siklus hidup lebih 3 bulan dan untuk jantan sekitar kurang darai 3 bulan .

Di indonesia terdapat 1000 macam jangkrik , jangkrik yang dapat di budidayakan adalah gryllus mitratus dan gryllus testaclus yang di gunakan sebagai pakan burung dan juga pakan ikan , perbedaan keduannya dapat di lihat dari bentuk tubuhnya.

MANFAAT JANGKRIK UNTUK KESEHATAN.

Tahuka anda jika jangkrik memiliki banyak manfaat dan khasiat juga bagi kesehatan , ternyata serangga ini memilki banyak kandungan seperti asam amino protein serta asam lemak esensial , protein jangkrik terdiri omega 9 , omega 6 dan omega 3 . menurut pakar gizi kandungan protein pada jangkrik 3 kali lipat dari kandungan protein daging sapi , daging ayam dan udang .

Kandungan protein jangkrik dapat berfungsi sebagi antioksidan mencega penyumbatan dan penyempitan pembluh darah .selain itu juga asam amino berfungsi untuk menjaga elastusitas persendian tulang , kornea mata  dan sel kulit serta penghambatan penyakit katarak . sedangkan omega 3 sangat lah baik di konsumsi oleh bayi pada masa pertumbuhan . manfaat  lain dari jangkrik untuk orang sdewasa mempunyai permasalahan seksual . jangkrik juga dapat mengatasi yaitu meningkatkan vitalitas untuk pria maupun wanita .

LOKASI TERNAK

Dalam budidaya ternak jangkrik , anda harsu perlu mengutamakan lokasi agar ternak jangkrik tenang dan nyaman . tidak terkena matahari secara langsung dan usahakan kondisi sirkulasi udara dengan baik . sebaiknya untuk pemilihan lokasi jangkrik  , jauh dari sumber kebisingan semacam jalan lintas  , pasar dan sebagainya .

kandang jangkrik

LANGKAH TERNAK JANGKRIK

Dalam beternak jangkrik , anda harsu memperhitungkan beberapa hal terlebih dahulu dengan usaha anda dengan baik  . berikut saya akan mengulas bagi man acar budidaya ternak jangkrik yang baik dan sukses .

1. PENYIAPAN SARANA DAN PERALATAN

Jangkrik adalah hewan yang aktif pada malam hari  . oleh sebab itu sebaiknya lokasi aau rumah jangkrik di tempatkan pada lokasi yang sangat lah teduh . usahkan lokasi terhindar dari tempat keramainan . buat kandang jangkrik semirip mungkin dengan habitat aslinya seperti anda mengolesin kandang dengan lumpur sawh dan  beri daun kering  seperti daun pisang  , daun sukun dan daun – daun yang lainya agar daun tersebut bisa untuk persembunyian jangkrik.

Pada bagian dinding atas sebaiknya di lapisi dengan lakban agar jangkrik tidak bisa merayap naik dan keluar dari kandang . salah satu sisi pada kandang sebaiknya di lapisi dengan lain kasa agar mempermudah sirkulasi udara.

Perlu diketahui ukuran kandang jangkrik secara umum berbentuk persegi tinggi 30-50 cm dengan lebar kayu antara 60 -100 serat panjang nya 120 -200 cm . kandang jangkrik ternbuat dari kayu yang mengunkan kerangka kaso atau anda bisa bikin dari triplek untuk menghemat biaya .  .

2. PEMBIBITAN

Pembibitan Calon Induk

Calon induk jangkrik dalam kondisi sehat , tidak sakit serta tidak cact usia antara 10 -20 hari . induk jangkrik yang bagus adalah jangkrik yang bersal dari habitat aslinya atau pun berdsal dari alam bebas.karean ketahanan tubuhnya sangat lah besar di bandingkan dengan induk peliharaan.

Berikut ciri – ciri induk jantan dan betina yang bagus :

Indukan :

  • Sungut ( antena ) masih panjang dan lengkap
  • Kedua kaki jangkrik belakang masih lengkap
  • Dapat melompat dengan lincah
  • Badan dan buluh memilki warna hitam yang kilat
  • Pilih induk yang besar
  • Pilih jangkrik yang mengeluarkan cairan dari mulutnya jika di pegang

Induk Jantan :

  • Sering berbunyi
  • Tidak memilki ovipositor ekor
  • Permukaan jangkrik kasar

Induk Betina :

  • Tidak berbunyi
  • Permukaan sayap atau punggung halus
  • Memiliki ovipositor dibawah ekor

3. PERAWATAN BIBIT DAN INDUK

Perawatan jangkrik sudah di keluarkan dari lokasi penetasan berusia 10 hari sebaiknya perhatikan kontrol makanan , supaya pertumbuhan anak menjadi lebih cepat . pada umumnya yang di berikan spertika singkong , ubi , sayuran dan daun-daun yang bisa anda berikan secara bergilir.

4. PERKEMBANGBIAKAN JANGKRIK

Cara perkembangbiakan jangkrik dengan mengawinkan indukan jantan fdan indukan betina  , untuk proes bertelurnya mengunkan cara alamin dan cesar , namun jika anda melakukan dengan cara cesar indukan betina kemungkinan besar akan mati dan bertelur yang di proleh bisa merata tuanya dan akibatnya daya tetasnya akan menjadi rendah.

5. CARA REPRODUKSI DAN PERKAWINAN JANGKRIK

Iduk jangkrik bisa memproduksi telur dengan daya tetas yang sangat lah tinggi kurang lebih 80 -90 % , jika di berikan makaran yang bergizi maka yang di hasilkan pun akan tinggi juga .makan itu sperti ketan hitam , bekatul jagung , tepung ikan dan kuning telur dan bisa menambahkan vitamin juga .

6. PROSES KELAHIRAN

Siapkan kandang yang di lapisi dengan [asir , sekam atau handuk yang lembut untuk tempat penetasan telur  , masukan telur dalam stu kandang mengunkan 1-2 sendok teh dengan perkiraan  1500-2000 butir telur dalam satu persendok . pada proses kelahiran berlansung warna jangkrik mengalami perubahan dari bening menjadi kelihatan agak keruh .  dan rawat telur dengan cara penyemprotan agar tidak berjamur dan telur jangkrik akan menetas sekitar 4 -6 hari

5. PEMELIHARAAN JANGKRIK

Selau jaga kebersihan jangkrik agar tidak mudah terserang penyakit dan tidak mengurangi tingkat produksi  , jika jangkrik di temukan terserang penyakit sebaiknya di pisahkan agar tidak terlurar dengan jangkrik yang lainnya .

Pemberian makanan pada jangkrik di mulai darai kanakan berusia 1-10 hari denagn memberi makan voor atau makan ayam yang terbuat dari beras merah  , kedelai dan beras kering yang sudah di halus kan . setelah berumur 10 hari maka akan di bei makan ana daun-dauana seperti sayran gambas dan jangung muda .

Sementara itu jangkrik yang suka denagn wortel , singkong ,dan kacang tanah itu sangat bagus juga karena memilki kandungan yang sangat lah tinggi juga .

6. PANEN JANGKRIK

Masa panen yanga anda hasilkan pada jangkrik yaitu dari hasil panen telur dan juga jangkrik nya bisa anda jual juga .

Nah simple bukan cara budidaya jangkrik ini apalagi segera coba dan dapatkan hasil keuntungan yang sangat lah besar dari jangkrik

Baca Juga Artikel :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme