Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Budidaya, Manfaat dan Contoh Budidaya Terlengkap

Pengertian Budidaya, Manfaat dan Contoh Budidaya Terlengkap Apa kamu pernah mendengar istilah budidaya? Istilah ini sangat berkaitan dalam bidang pertanian, perkebunan dan peternakan hewan. Kebanyakan saat ini budidaya tanaman atau hewan sebagai sumber penghasilan utama bagi masyarakat. Bagi kamu yang ingin mengetahui penjelasan budidaya secara lengkap, berikut ulasan di bawah ini.

Baca: Pengertian,Ciri-Ciri,Klasifikasi dan Contoh Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)

A. Pengertian Budidaya

Defenisi budidaya secara umum adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan dan mendapatkan hasil dari sebuah sistem yang dipakai untuk mengembangkan atau memproduksi apapun dengan bantuan manusia.

Adapun pengertian budidaya menurut para ahli, adalah sebagai berikut:

  • Budidaya menurut Chairanji Harum dalam buku, Teknik Budidaya Tanaman (2008) adalah suatu proses menghasilkan bahan pangan dan berbagai produk agroindrustri lainnya dengan memanfaatkan sumber daya tumbuhan, yang menjadi objek budidaya ini adalah tanaman holtikultur, tanaman pangan dan tanaman perkebunan.
  • Budidaya menurut PP RI No 18 Tahun 2010 tentang Usaha Budidaya tanaman adalah berbagai macam kegiatan pengembang dan pemanfaatan sumber daya alam nabati yang dilakukan manusia dengan menggunakan modal, teknologi ataupun dengan sumber daya lainnya untuk menghasilkan sesuatu produk berupa barang yang bisa memenuhi kebutuhan manusia.
  • Budidaya menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah usaha yang bermanfaat dan memberi hasil.

B. Manfaat Budidaya

Adapun beberapa manfaat budidaya yang bisa didapatkan, yaitu:

  • Dapat mendapatkan keuntungan baik segi ekonomis ataupun segi konsumsi sebagai bahan pakan atau makanan.
  • Dapat mendapatkan hasil yang maksimal dari produksi yang dihasilkan.
  • Dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, karena terbukanya lowongan pekerjaan.
  • Dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengelolah potensi sumber daya alam.
  • Dan dapat membuat udara semakin bersih dan lingkungan semakin baik.

C.Contoh Budidaya

Ada beberapa contoh budidaya yang sering dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan penghasilan, yaitu:

1. Budidaya Tanaman Pangan

Budidaya tanaman pangan ini menghasilkan kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Contoh tanaman pangan adalah padi, gandum, kacang tanah, ubi jalar, singkong, jagung dan lain-lain.

2. Budidaya Tanaman Sayur

Budidaya tanaman sayur ini menghasilkan bahan pangan dengan memanfaatkan tumbuhan yang ditanam. Contoh tanaman sayur adalah bayam, kangkung, seledri, selada dan lain-lain.

3. Budidaya Tanaman Buah

Budidaya tanaman buah ini menghasilkan buah-buahan, sehingga bisa mendapatkan keuntungan. Contoh budidaya tanaman buah adalah buah apel, mangga, jeruk, jambu, pepaya, semangka, dan lain-lain.

4. Budidaya Hewan Ternak

Budidaya hewan ternak ini mengembang biakan hewan ternak agar bisa mendapatkan keuntungan dari susu, daging, atau telur yang dihasilkan. Contoh budidaya hewan ternak adalah sapai, kambing, domba, ayam, bebek, dan lain-lain.

5. Budidaya Perikanan

Budidaya perikanan ini mengembang biakan ikan sehingga mendapatkan keuntungan. Ada dua jenis budidaya perikanan yaitu ikan hias dan ikan konsumsi. Contoh budidaya perikanan adalah ikan lele, gabus, gurame belut, cupang, guppy dan lain-lain.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian Budidaya, Manfaat dan Contoh Budidaya Terlengkap. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, jangan lupa share dan like. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme