Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Hidrosfer, Unsur dan Siklus Hidroslogi

Pengertian Hidrosfer, Unsur dan Siklus Hidroslogi –  Apa itu hidrosfer ? defenisi dari hidrosfer? Unsur-unsur hidrosfer? Siklus hidrologi? Untuk mengetahui semua tersebut langsung simak artikel di bawah ini.

Baca:Cara Mengobati Penyakit Mata Ayam Bangkok

Pengertian Hidrosfer


Hidrosfer berasal dari dua kata yaitu hidros  yang berarti air dan sphere  yang berarti lapisan. Dapat diartikan bahwa hidrosfer merupakan lapisan air yang berada di permukaan bumi. Hidsofer tersebut meliputi danau, sungai, laut, salju, air tanah dan uap air yang terdapat pada lapisan udara.

Ada beberapa cabang dari hidrosfer yang harus diketahui, diantara yaitu:

  • Hidrologi: ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi dan bagian dalam bumi.
  • Geohidrologi: ilmu yang mempelajari tentang pergerakan air, persebaran dan keberadaan air yang ada di bawah tanah.
  • Glasiologi: Ilmu yang mempelajari tentang es, glester atau yang berkaitan dengan es.
  • Limnologi: ilmu yang mempelajari tentang danau.
  • Patomologi: ilmu yang mempelajari tentang air yang mengalir dipermukaan bumi, baik melalui saluran atau tidak melalui saluran.
  • Oceonografi: ilmu yang mempelajari tentang air laut secara umum.

Siklus Hidroslogi


Siklus hidrologi atau disebut dengan siklus air merupakan siklus yang terjadi karena adanya proses peredaran atau daur ulang air secara berurutan secara terus menerus. Misalnya perubahan daur ulang air yang akan menguap bila terkena cahaya matahari, kemudian uap air akan mengalami kondensai dan berupa menjado air hujan.

Siklus hidrologi dibedakan menjadi tiga yaitu siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang:

  • Siklus Pendek: Siklus ini disebut siklus air, misalnya air yang berada di laut akan mengalami penguapan dikarenakan matahari dan kemudian akan mengalami kondensasi dan membentuk suatu titik-titik (awan), kemudian akan awan tersebut akan jatuh menjadi hujan.
  • Siklus Sedang: siklus terjadi karena uap berasal dari lautanyang ditiup oleh angin kedaratan. Uap air tersebut akan membentuk awan sehingga akan menghasilkan hujan diatas daratan. Air hujan yang dijatuhkan tersebut akan mengalir melalui sungai, selokan dan juga lainnya yang kemudian akan kembali kelautan.
  • Siklus Panjang: siklus ini terjadi karena uap air yang berasal dari lautan yang ditiup oleh angin ke daratan. Namun adanya uap air yang mencapai pada titik beku tertentu membuat uap air membentuk awan dan menghasilkan kristal es. Biasanya awan tersebut akan menurunkan hujan es atau salju dipegunungan. Biasanya permukan bumi es akan mengalir dalam bentuk gletse, kemudian masuk ke sungai dan kembali kelautan.

Unsur Hidrologi


Unsur-unsur hidrologi, berdasarkan siklus hidrologi terbagi dari beberapa macam yaitu:

  • Angin: merupakan sesuatu yang menentukan sebuah kekuatan temperatur udara dan kondisi uap air di suatu tempat.
  • Awan: merupakan kumpulan dari beberapa titik air atau es denngan jumlah yang cukup banyak dan juga merupakan bagian dari inti kondensasi.
  • Air tanah: merupakan sesuatu air yang bergerak didalam tanah yang memiliki beberapa lapisan batu pasir yang disebut dengan istilah akifer, sedangkan air tanah yang bergerak didalam retakan batuan disebut air celah.
  • Evaporasi : merupakan sebuah peristiwa yang terjadi karena adanya perubahan air menjadi uap dan bergerak dari permukaan tanah dan permukaan air ke udara.
  • Evapotranspirasi: merupakan gabungan dari beberapa hasil penguapan melalui tubuh air dan tanaman.
  • Infiltrasi: merupakan suatu air, es, salju yang jatuh ke permukaan bumi kemudian meresap ke kedalam tanah.
  • Kondensasi: merupakan sebuah proses perubahan uap air menjadi air hujan uang disebabkan adanya pendingnan atmosfer.
  • Presipitasi: merupakan sesuatu yang berbentuk cairan yang berasal dar atmosfer kemudian akan tercurah kepermukaan bumi.
  • Run Off : merupakan sebuah pergerakan air dari permukaan tanah yang disebabkan karena adanya presipitasi air hujan, es atau salju, sehingga akan meresap kedalam tanah tidak termasuk run off. Biasanya hal tersebut terjadi pada suatu tempat-tempat tertentu pada dataran tinggi.
  • Tubuh air: merupakan bagian yang paling rendah di permukaan bumi yang dapat menampung air. Tubuh air tersebut terdiri dari beberapa macam, seperti sungai, danau, waduk, rawan dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang pengertian pengertian hidrosfer, unsur-unsur hidrosfer, dan siklus hidrosfer semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme