Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Pakan, Bahan Pakan, Ransum, Konsentrat dan Zat Additif

Pengertian pakan, bahan pakan, ransum, konsentrat dan zat additif

pengertian pakan, bahan pakan, ransum, konsentrat dan zat additif

Pakan

Pakan merupakan semua bahan yang bisa dimakan oleh hewan ternak namun tidak mengganggu kesehatannya. Pada umumnya, pengertian pakan (feed) dipakai untuk hewan yang aspeknya meliputi kualitatif, kuantitatif, kontinuitas serta keseimbangan kadar zat pakan yang terkandung didalamnya.

Bahan Pakan

Bahan pakan (bahan makanan ternak) merupakan segala macam sesuatu yang bisa diberikan kepada ternak baik itu yang berupa bahan organik maupun yang berupa anorganik yang sifatnya sebagian atau seluruhnya dapat dicerna tanpa berpotensi mengganggu kesehatan ternak.

Bahan pakan ternak terdiri dari bahan organik dan juga anorganik. Bahan organik yang ada dalam bahan pakan, serat kasar, protein, lemak, bahan ekstrak tanpa nitrogen. Sedangkan bahan anorganik seperti calsium, magnesium, kalium, phospor, natrium.

Kandungan bahan organik dapat diketahui dengan cara melakukan analisis proximat dan juga analisis terhadap kadar zat gizi vitamin dan juga mineral. Untuk masing-masing komponen vitamin dan juga mineral yang terkandung pada bahan yang ada bisa dilakukan di laboratorium dengan memakai teknik dan juga alat-alat yang spesifik.

Bahan pakan sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua bagian:

1. Bahan pakan konvensional

Bahan pakan konvensional merupakan bahan baku yang cukup sering dipakai dalam pakan yang biasanya memiliki kandungan nutrisi yang cukup (semisal Protein) dan juga disukai oleh ternak.

2. Bahan pakan subtitusi

Bahan pakan konvensional adalah bahan makro , jagung, bungkil tanaman kedelai, gandum, tepung ikan dan juga bahan sejenis lainnya.

Ransum

Ransum sendiri merupakan sebuah pakan jadi yang sudah siap diberikan kepada ternak yang bahan bakunya disusun dari berbagai jenis bahan pakan yang telah dihitung berdasarkan jumlah kebutuhan industri seperti gizi semisal protein dan energi yang diperlukan oleh ternak.

Bila dicermati, berdasarkan bentuknya ransum bisa kita bagi menjadi 3 jenis:

  1. mash
  2. pellet
  3. crumble

Konsentrat

Berdasarkan persentase kandungan gizinya, konsentrat pakan dibagi kedalam dua golongan:

  1. Konsentrat sebagai sumber asupan energi
  2. Konsentrat sebagai sumber asupan protein.

Zat Additif

Zat additif adalah zat yang perlu ditambahkan ke dalam pakan dalam jumlah yang relative sedikit dan kadang kala diperlukan pula untuk melengkapi pakan yang sudah berbentuk ransum yang tersusun, serta berfungsi untuk menambah aroma/cita rasa, kadar zat asam amino/ campuaran asam amino dan juga vitamin mix.

Zat additif adalah suatu bahan ataupun kombinasi bahan yang biasa kita gunakan kedalam campuran ransum serta dipakai dalam jumlah yang relative sedikit untuk memenuhi kebutuhan tertentu semisal untuk memacu pertumbuhan, meningkatkan kelancaran pecernaan ataupun berperan sebagai zat antibiotik, pemacu hormon, zat probiotik, zat pewarna, penambah rasa.

Baca Juga:

Yap, itulah pengertian tentang pakan, bahan pakan, ransum, konsentrat dan zat additif yang bisa kami publish kali ini. Terimakasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme