Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Pertanian dan Contohnya

Definisi atau pengertian pertanian – Apa itu yang dimaksud dengan pertanian? Apa saja bentuk-bentuk atau jenis pertanian indonesia? Apa saja hasil-hasil pertanian indonesia? Untuk penjelasan secara rinci dapat kamu baca dan pahami artikel dibawah ini.

a. Pengertian Pertanian

Arti pertanian secara umum adalah salah satu kegiatan manusia yang menggunakan atau memanfaatkan sumber daya hayati untuk menghasilkan suatu produk berupa bahan pangan, bahan baku, sumber energi dan juga cara mengelolah lingkungan yang ada disekitarnya.

Baca: Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon

Arti pertanian secara luas adalah salah satu kegiatan manusia dengan memanfaatkan sumber hayati dengan melakukan penanaman tanaman untuk menghasilkan produk dan digunakan untuk kehidupannya, atau juga dapat di artikan sebagai semua kegiatan yang berkaitan dengan pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan yang menghasilkan serta dapat digunakan kembali dalam kehidupan manusia.

Arti pertanian secara sempit adalah salah satu proses pembudidayaan tanaman pada suatu lahan yang dapat menghasilkan suatu produk dan dapat mencukupi kehidupan manusia. Atau proses bercocok tanam yang dilakukan dilahan atau dikebun yang sudah disediakan sebelumnya dan dilakukan pengelolaan secara mekanik atau manual dengan manajemen yang baik.

Pertanian yang ada di Indonesia terdapat dua macam jenis yaitu pertanian lahan kering dan pertanian lahan basah. Pertanian lahan basah merupakan pertanian yang banyak di genangi oleh air atau yang dikenal dengan sawah atau lahan gambut, pertanian dengan tipe ini biasanya banyak ditemukan pada dataran rendah yang berkisar 300 mdpl.

Pertanian lahan kering merupakan pertanian yang tidak digenangi oleh air yang berupa dataran dengan ketinggian 500 mdpl atau bahkan lebih biasanya contohnya tanaman yang cocok ditanami adalah kacang-kacangan, umbian, dan lainnya.

B. Bentuk-Bentuk Pertanian di Indonesia

1. Persawahan

  • Sawah irigasi merupakan sawah yang selalu mendapatkan air dengan baik dan teratur sepanjang tahunnya.
  • Sawah tadah hujan yang merupakan sawah yang mendapatkan air dengan menunggu datangnya hujan dan ditempatkan dalam wadah tertentu.
  • Sawah bencah (sawah pasang surut) merupakan sawah yang berada didekat muara sungai atau bagian tepi pantai yang akan mengalami waktu pasang surut pada tanaman padi.
  • Sawah lebak merupakan sawah yang terletak ditanami di pinggiran sungai.

2. Pekarangan merupakan lahan pertanian yang terletak diperumahan atau lingkungan rumah yang biasanya ditanami oleh tanaman tertentu.

3. Tegalan merupakan lahan pertanian kering yang sangat bergantung kepada air hujan, biasanya akan ditanam tanaman musiman dan terpisah dari lingkungan rumah atau pemukiman.

4. Ladang Perpindahan merupakan lahan pertanian yang berpindah-pindah, yang dilakukan pada lahan yang masih baru buka atau belum ditanami sama sekali.

C. Hasil-hasil Pertanian di Indonesia

Hasil-hasil pertanian diIndonesia diantaranya adalah

  • Hasil pertanian tanaman pangan misalnya seperti kacang-kacangan, jagung, kedelai, padi, ketela, ubi jalar dan lain-lain.
  • Hasil pertanian tanaman perdagangan misalnya seperti karet, sawit, kopi, teh, tebu, kelapa, cengkeh dan lain-lain.

Baca Juga:

Itulah informasi singkat mengenai pengertian pertanian, istilah pertanian, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda. Bila ada kesalahan ataupun ingin ditanyakan silakan tinggalkan dikolom komentar.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme