Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Teknik Memilih Burung Pleci Untuk Dilombakan

Ciri-ciri Burung Pleci Yang Baik Untuk DiLombakan –  Burung pleci merupakan burung yang kicauannya sangat lantang. Kemampuan kicauan burung pleci ini merupakan keunggulan yang sering dilombakan. Burung pleci sangat unik karena jika dipertemukan dengan burung lain yang juga berkicau, kicauannya akan semakin lantang dan banyak. Oleh karena itulah, kegemaran melombakan kicauan burung pleci semakin hari semakin naik daun.

Pleci siap di lombakan

Perlombaan kicauan dari burung pleci pun menjadi sejenis prestasi bagi para penggiat burung pleci. Gengsi untuk mencobakan burung pleci miliknya mengikuti perlombaan tentu dimiliki oleh para pemiliki burung yang satu ini. Untuk memastikan kemenangan, tentu dibutuhkan teknik khusus dalam memilih burung pleci untuk dilombakan. Apa sajakah hal yang harus diperhatikan dalam teknik memilih burung pleci untuk dilombakan? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Burung pleci jantan; burung pleci untuk dilombakan lebih baik adalah burung pleci dengan jenis kelamin jantan. Untuk memilih burung pleci jantan, berikut ini karakteristik yang dimilikinya. Warna bulu burung pleci jantan sangat kontras dan juga bersih, matanya pun lebih besar dan lebih menonjol dibandingkan dengan burung pleci betina. Tanda lainnya juga terlihat dari kelincahan burung pleci dalam bergerak serta jinak terhadap manusai. Dari postur tubuhnya, burung pleci jantang memiliki tubuh yang lebih panjang dan kaki yang lebih jenjang. Piihlah juga burung pleci jantan yang kelaminnya besar dan menonjol tegak dengan kebesaran sudut 30o hingga 80o dari letak perutnya.
  • Burung pleci muda; dalam perlombaan burung pleci, burung memerlukan stamina yang kuat untuk terus berkicau dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu, pilihlah burung pleci yang masih muda. Jika burung pleci yang sudah tua dilombakan, maka burung pleci akan cepat lelah dan cepat berhenti kicauannya. Berikut ini beberapa kelebihan burung pleci muda untuk dipertimbangkan dipilih untuk mengikuti lomba. Pertama, burung pleci yang muda nafasnya lebih panjang dan lebih lantang. Kedua, burung pleci muda lebih muda dibentuk karakternya. Ketiga, burung pleci muda belum memiliki tingkat stress yang tinggi. Berdasarkan keunggulang-keunggulan tersebut, burung pleci muda lebih disarankan untuk dilombakan dibandingkan burung pleci tua.
  • Ciri-ciri fisik yang menjanjikan; ciri-ciri burung pleci yang dapat dilombakan adalah yang memiliki ciri-ciri fisik menjanjikan. Berikut ini beberapa ciri-ciri fisik yang harus diperhatikan. Pertama, kepala burung pleci besar dan keningnya menonjol. Kedua, lehernya panjang, tebal, serta terlihat kuat dan berisi. Ketiga, dadanya besar dan menantang. Keempat matanya, melotot dan menunjukkan keberanian. Kelima, badannya proporsional antara kepala, badan atau tubuh, kaki, serta sayapnya. Dan yang terakhir burung pleci kuat berdiri dan tidak mudah loyo.

Baca Juga:

Berikut tadi ciri-ciri yang harus diperhatikan sebagai teknik memilih burung pleci untuk dilombakan. Burung pleci yang yang dipilih dengan pertimbangan yang tepat, tentu dapat memperbesar peluang burung pleci dapat menang. Setelah terpilih pun, masih harus dilakukan perawatan lebih bagi burung pleci yang akan dilombakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme