Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kaktus (Opuntia cochemmilifera)

Diposting pada

Klasifikasi Kaktus merupakan salah satu tanaman  berduri, tanaman ini termasuk kedalam famili Cactaceae.  Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik, walaupun kekurangan air dan dapat tumbuh dalam jangka yang cukup lama. Tanaman kaktus ini banyak di jumpai di tanah tandus, kering dan juga tanpa banyak air di sekitarnya terutamanya di daerah gurun kering. Perlu di ketahui, bahwa kaktus ini memiliki akar yang sangat panjang dan mampu menyebar luas untuk menyerap air di sekitarnya.

1

Selain itu, kaktus juga memiliki daun yang akan berubah menjadi duri – duri tajam sehingga dapat mengurangi suatu penguapan air melalui daun tersebut. Oleh karena itu, tanaman ini mampu bertahan hidup walaupun kekurangan air atau tanpa air. Secara umumnya, klasifikasi tanaman kaktus berdasarkan kedudukan taksonomi, morfologi adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Kaktus (Opuntia cochemmilifera)

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledonae

Ordo : Cactales

Famili : Cactaceae

Genus: Opuntia 

Spesies : Opuntia cochemmilifera

Morfologi Kaktus (Opuntia cochemmilifera)

1. Morfologi Akar

Akar tanaman kaktus tunggang, bercabang, dan juga memiliki serabut, namun ada beberapa perakaran dari tanaman ini memiliki sifat yang menempel dari tanaman satu ketanaman lainnya yang di sebut epifit. Perakaran ini memiliki panjang mencapai 6-10 meter bahkan lebih dan menyerap luas agar tanaman dapat menyerap air yang ada di sekitarnya atau di dalam tanah.

2. Morfologi Batang

Batang tanaman kaktus memiliki kandungan air yang banyak atau di sebut Sukulen, selain itu air yang di simpan di dalam batang memiliki bentuk lendir dan juga tidak menguap. Batang tanaman ini berawarna kehijauan muda hingga tua, abu-abu dan juga berlapis lilin. Bentuk batang tanaman kakkus ini bulat, silindris dan juga memiliki ukaran yang sangat bervariasi yang mencapai 20 meter bahkan lebih.

3. Morfologi Daun

Daun tanaman kaktus ini tunggas yang memiliki tangkai pendek dan juga memiliki ukuran besar, selain itu daun ini memiliki peran untuk melakukan proses fotosintesis. Namun, dari beberapa penemuan dan juga berdasarkan sub famili tanaman ini tidak memiliki daun, sehingga proses fotosintesis di lakukan pada bagian batangnya.

4.Morfologi Bunga

Tanaman ini juga memiliki bunga berbentuk corng, dengan ukuran dan juga bentuk yang sangat beragam tergantung dengan varietesnya. Bunga ini memiliki warna mahkota merah, kuning, dan juga keorangean. Bunga kaktus ini bermerakan pada malam dan siang hari yang akan mengeluarkan bau khasnya.

5.  Morfologi Buah dan biji

Buah pada tanaman kaktus ini berbentuk bulat menajang atau lonjong dan juga memiliki daging yang tebal. Selain itu, buah ini bergerombol di bagian pangkal ujung batang yang di tutupi duri – duri tajam. Buah yang di hasikan dari tanaman ini mencapai 100-200buah per tanaman kaktus. Sedangkan biji yang di hasilkan dalam buah ini berbentuk kecil, berkulit tipis dan juga keras. Selain itu, biji ini memiliki permukaan yang mengkilap berwarna kecoklatan hingga kehitaman.

Baca juga :  Cara Mengawinkan Burung Kenari

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.