Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Wortel (Raphanus satiivus)

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Wortel – perlu di ketahui bahwa buah ini adalah sejenis sayran yang emilki banyak manfaat dan juga sebagai tambahan pada masakan berbagai jenis . oleh karena banyak sekali yang mengunakan tanaman ini . mari kita lihat kalfikasi dan juga morfologi pada tanaman wortel.

Wortel

Klasifikasi Wortel (Raphanus satiivus)

Tanaman wortel diklasifikasikan sebagai berikut :

Kingdom: Plantae

Divisi       : Spermatophyte

Kelas       : Angiospermae

Subkelas : Dicotyledone

Ordo        : Umbellales

Famili       : Umbelliferae

Genus       :  Raphanus

Spesies    : Raphanus satiivus L

Morfologi Wortel (Raphanus satiivus)

1. Morfologi Daun

Daun pada tanaman wortel sangat lah majemuk , Menyirip ganda dua atau tiga dan bertangkai. Daun memilki anak – anak berbentuk lanset  (garis – garis ). Bagian tepi bercanggap . setiap tanaman memilki 5 – 7 tangkai daun berukuran agak panjang . tangkai daun kaku dan tebal engan permukaan halus , sedangkan selehai daun emas lemas dan tipis . daun sangat lah berguna sebagai fotosintesis yang menghasilkan zat-zat yang di perlukan untuk vegetative maupun generative.

2. Morfologi Batang

Batang pada tanaman wortel , berbentuk bulat , tidak berkayu agak keras dan berdiameter 1 – 1.5 cm . Pada umumnya berwarna kuning keoren-orenan. Batang tanaman tidak bercabang . Namun di tumbuhi dtangkai daun yang berukuran panjang sehingga kelihatan seperti cabang .Batang berfungsi sebagai media translokasi air dari tanam maupun hasil proses fotosintesis.

3. Morfologi Akar

Tanaman wortel memilki akar serabut dan tunggang . Namaun dalam pertumbuhan akar tunggang akan mengalami perubahan bentuk dan fungsinya juga sebagi tempat penyimpanan makanan sehingga akar akan berubah menjadi besar , bulat dan memanjang berdiameter 6 cm dan panjang 30 cm tergantung varietesnya .

4. Morfologi Bunga

Tanaman wortel tumbuh pada ujung tanaman , berbentuk payung ganda , berwarna putih atau merah jambu agak pucat . Bunga memilki tangkai pendek dan tebal . bunga terletak pada bidang lengkung yang sama . Tanaman ini  yang telah mengalami penyerbukan akan menghasilkan buah dan biji berukuran kecil dan berbulu.

5. Morfologi  Biji

Biji tanaman wortel merupakan biji tertutup dan berkeping dua , dan di gunakan sebagai untuk memperbanyak tanaman . biji berbentuk kecoklatan dengan 3 mm dan lebar 1.5 mm setiap gram benih berisi 200 biji.

6. Morfologi  Umbian

Umbian pada tanaman wortel terbentuk dari akar tunggang yang berubah fungsinya menjadi tempat penyimpanan cadangan makanan yang berupa ( karbohidrat , lemak , vitamin , mineral dan air )  Ukuran umbi wortel tergantung variatesnya . umbian besar biasanya berdiameter 6.3 cm sedangkan berukuran kecil 3.5 cm berat umbi besar mencapai 300 gram sedangkan yang kecil 100 gram .

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.