Pengertian Pemuliaan Ternak

Pengertian Pemuliaan Ternak – Pemuliaan Ternak memiliki istilah dari bahasa belanda (veredeling), dan bahasa inggris (breeding) merupakan suatu program yang dilakukan oleh peternak untuk memperbaiki produksi atau kualitas baik menjaga rasa tau galurnya. Dalam kegiataan ini sudah lama dilakukanm sejak abad ke-20 yang memiliki banyak metode dan juga prinsip serta ilmu turunan.

Manfaat Pemuliaan Ternak

Pemuliaan ternak (animal breeding) merupakan ini juga diartikan salah bidang ilmu yang mempelajari cara pengaplikasian yang berguna untuk meningkatkan mutu genetic ternak.

Ada dua prinsip dasar untuk meningkatkan mutu genetic ternak, adalah dengan melakukan program pemuliaan yaitu system seleksi dan perkawinan.

1.Seleksi

Dengan melakukan seleksi dapat menyebabkan perubahan keragaman genetic, namun tergantung dengan cara seleksi yang digunakan. Seleksi ini bertujuan untuk mengubah frekuensi gen dari suatu populasi ternak. Dengan seleksi yang tepat dapat juga meningkatkan mutu genetic yang diinginkan.

2.Perkawinan

Dengan melakukan perkawinan silang atau persilangan ini merupakan salah satu jalan pintas untuk memproleh sifat unggul yang dipunyai kedua ras atau bangsa tetuanya. Perkawinan silang ini dapat meningkatkan produktivitas dan mutu genetic, namun membutuhkan biaya besar dan harus dilakukan secara bijak dan terarah, karena dapat mengancam kemurniaan ternak asli. Perbaikian mutu genetic biasanya bersifat permanen dan dapat diwariskan dari generasi ke genarasi berikutnya.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Pemuliaan Ternak semoga berguna dan bermanfaat buat kalian serta menambah wawasan kalian. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *