Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Melatih Burung Nuri agar Bisa Berbicara seperti Manusia

Cara  Melatih Burung Nuri agar Bisa Berbicara seperti Manusia – Burung nuri merupakan burung mahal yang banyak diidamkan oleh para pecinta burung. Jenis burung nuri memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan burung lainnya karena kecerdasannya. Burung yang cerdas dan bisa berbicara seperti manusia, belum lagi bersiul indah merupakan nilai-nilai keunggulan dari burung nuri. Karakteristik burung nuri yang paling menjadi idaman adalah yang kepalanya berwarna hitam dan sayapnya berwarna merah kekuningan. Harga burung nuri pun sangatlah tinggi bisa mencapai harga satu juta rupiah. Karena harganya yang tinggi ini, perburuan liar pun marak terjadi untuk menangkap dan menjual burung nuri.

cara melatih burung nuri

Namun, burung nuri ini tidak mudah jinak terhadap manusia. Diperlukan usaha ekstra dalam pemeliharaan dan perawatan agar burung nuri dapat jinak. Jika sudah jinak, maka burung nuri kemudian dapat dilatih berbicara layaknya manusia. Berikut ini beberapa cara menjinakkan burung nuri sebagai upaya pertama untuk dapat melatih burung nuri berbicara.

  • Menempatkan burung nuri dalam sangkar; sangkar yang digunakan untuk menjinakkan burung nuri baiknya merupakan kandang terbuka. Jika pada kandang tertutup, maka burung nuri akan merasa stress dan tidak dapat jinak pada si empunya. Selain itu tempatkanlah kandang pada derah yang memudahkannya untuk dapat melihat dan berinteraksi dengan manusia. Hal ini dapat membantu burung nuri untuk lebih cepat beradaptasi.
  • Memandikan burung nuri; burung nuri haruslah dimandikan agar merasa tetap segar. Cara pemandiannya dapat dilakukan dengan menyemprotkan air ke tubuhnya hingga basah kuyup. Akan tetapi, hindari penyemprotan ke bagian telinga burung nuri untuk menghindari resiko telinganya kemasukan air. Setelah mandi, jemurlah burung nuri pada sinar matahari langsung.
  • Memberikan makan; menjinakkan burung nuri dapat kita lakukan dengan memanfaatkan pemberian makanan. Burung nuri akan mengenali anda sebagai pemberi makan dan lama kelamaan akan merasakan keterikatan serta ketergantungan pada anda. Jika burung nuri sudah mau makan langsung dari tangan anda, maka artinya burung nuri telah jinak pada anda.

Setelah terbiasa dan jinak dengan keberadaan manusia, anda sudah bisa memulai melatihnya berbicara. Namun, jika anda tetap menjaga komitmen menaruh sangkarnya pada tempat yang dilalui oleh banyak manusia, maka tidak memerlukan wkatu yang lama untuk dapat mendengar suara burung nuri. Burung nuri dapat berbicara dengan menirukan bunyi yang sering dia dengar. Oleh karena itu, jika anda hanya membiasakan burung nuri berada di sekitar burung nuri yang lain, maka burung nuri hanya akan mampu menirukan suara burung lain saja.

Baca Juga:

Dan jika anda ingin tahu bagaimana cara agar burung nuri bisa cepat berbicara layaknya manusia, satu kunci utamanya adalah biasakan burung nuri mendengar suara manusia. Sehingga dengan suaranya yang lantang bernada, kita dapat mendengarkannya berbicara seperti manusia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme