Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Jenis Tipe Kandang Ayam Ras Petelur

Jenis dan Tipe Kandang Ayam Ras Petelur – Ayam ras petelur merupakan ayam yang dikembangbiakkan dengan tujuan ekonomi mendapatkan telur, sebagai hasil dari budidaya yang dilakukan. Dalam pemeliharaannya, ternyata ayam ras petelur harus memiliki kecocokan dengan kandangnya agar tidak stress. jika stress tentu produksi telur akan terhambat dan petani mengalami kerugian.

Bentuk tipe kandang ayam petelur

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka bentuk dan tipe kandang dari ayam ras petelur mulai menjadi perhatian. Terdapat tiga jenis kandang ayam ras petelur yang dapat dicontoh untuk menjadi rumah bagi ayam ras petelur anda. Berikut ini ketiga jenis tipe kandang untuk ayam ras petelur.

Baca: Cara Menjodohkan Burung Kenari Jantan dan Betina

Pertama, adalah kandang litter. Kandang litter adalah kandang yang dirasa paling cocok untuk ayam ras petelur atau unggas yang bertelur lainnya. Kandang jenis ini memiliki dasar atau lantai kandang yang seluruh bagian tertutup oleh sekam jerami ataupun padi yang dipotong menjadi beberapa bagian. Litter memiliki kriteria dan standar untuk menentukan mana kandang litter yang baik mana yang tidak. Standar tersebut antara lain:

  • Mempertahankan kehangatan kadang
  • Menyerap panas
  • Lembut dan tidak mengganggu atau merusak dada
  • Memiliki daya serap yang tinggi

Dalam menggunakan kandang jenis ini, harus dilakukan pemeriksaan yang teliti terhadap bahan pembuat litter, kondisi tempat minum, dan ventilasi. Jika terjadi manajemen dan pengawasan yang salah dalam tiga hal ini maka kelembabam kandang akan terjadi dan ayam ras petelur akan mudah terinfeksi.

Jenis kandang yang kedua adalah kandang panggung. Kandang panggung merupakan kandang yang lantainya terbuat dari kawat. Kelebihan dari kandang jenis ini adalah mudahnya ventilasi udara. Sehingga ayam tidak mungkin memiliki kelembaban yang berbeda. Selain itu, ayam tidak kontak dengan feses sesering pada kandang litter. Akan tetapi, karena kandangnya yang terbuat dari lantai kawat dapat menyebabkan ayam kurus karena stress akibat gesekan kawat dengan kakinya. Kaki-kaki ayam pun mengalami kerusakan dan kelainan. Dada ayam pun dapat mengalami kejadian lepuh dada. Oleh karena itu, kandang panggung sebagai jenis kandang masih harus melalui pertimbangan lagi.

Jenis ketiga adalah kandang baterai. Kandang baterai menggunakan sistem alas kawat dan bentuknya kotak-kotak memanjang dan jenis yang paling umum biasanya disusun dua tingkat. Sebenarnya ada beberapa jenis kandang baterai baik yang satu tingkat hingga tiga tingkat. Kelebihan kandang baterai sendiri adalah kebersihan lantai dari feses dan peredaran udara yang lancar. Selain itu, pengontrolan ayam dapat dilakukan lebih mudah dan jumlah ayam yang dapat ditampung pun lebih banyak. Sedangkan kekurangan dari kandang jenis ini adalah kebutuhan biayanya yang cukup tinggi. Mulai dari pembuatannya hingga perawatannya agar tidak ada ayam yang lepuh dada.

Baca Juga:

Demikianlah tadi beberapa jenis tipe kandang untuk ayam petelur. Pilihlah kandang untuk ayam ras petelur anda yang resiko kerugiannya lebih kecil dan sesuaikan juga dengan budget yang anda miliki. Ingat kandang adalah rumah dan tempat tinggal ayam, maka bantulah ayam untuk merasa nyaman di kandangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme