Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Fungisida dan Bakterisida Organik Dari Daun Mimba

Cara Membuat Fungisida Organik Dan Bakterisida Organik Dari Daun Mimba – Membuat fungisida organik dan bakterisida organik dari daun mimba bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk mengusir hama atau penyakit yang disebabkan oleh jamur/bakteri. Pada kasus tertentu, tanaman yang diserang oleh hama tidak dapat disemprot memakai insektisida berbahan kimia karena berpengaruh terhadap kualitas lingkungan hidup tanaman juga manusia.

cara membuat fungisida dan bakterisida dari daun mimba

Nah, solusi muncul dari masalah tersebut. Yaitu memakai fungisida organik dan bakterisida organik dari daun mimba. Fungsida organik adalah pembasmi hama atau penyakit tanaman yang diakibatkan oleh jamur. Sementara itu, bakterisida organik adalah pembasmi alami untuk mengendalikan serangan hama dari bakteri.

Baca: Cara Mengendalikan Hama Pada Tanaman Kelapa Sawit

Kali ini kita akan mengupas Cara membuat fungisida organik dan bakterisida organik dari daun mimba. Yuk simak langkah-langkah berikut:

Daun mimba

Daun mimba adalah tanaman perdu yang biasa tumbuh liar. Tanaman ini berasal dari india, tepatnya madhya peades. Daun mimba sudah populer untuk pengobatan kencing manis, gatal-gatal, malaria dan sebagainya.

Tak cukup itu, daun mimba ternyata juga mempunyai khasiat untuk melawan hama dan penyakit di lahan akibat jamur ataupun bakteri. Selain bersifat pembasmi alamiah, anti jamur dan anti bakteri ini juga cukup aman untuk lingkungan atau lahan pertanian.

Cara membuat fungisida organik dan bakterisida organik dari daun mimba

  1. Pertama, sediakan sekitar setengah kilo daun mimba. Daun bisa dalam bentuk kering atau basah
  2. Sediakan air bersih sekitar 5 liter
  3. Siapkan ember besar untuk wadah
  4. Lalu, haluskan daun mimba dengan cara ditumbuk atau diblender
  5. Kemudian daun mimba yang sudah halus ditambahkan air bersih sebanyak 5 liter hingga terendam seluruhnya.
  6. Diamkan hingga satu hari semalam
  7. Saring untuk mendapatkan cairan tanpa ampas
  8. Masukkan sekitar setengah sendok teh bubuk sabun deterjen atau sabun cair, aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata
  9. Campuran ini siap digunakan untuk disemprotkan pada tanaman sebagai pembasmi hama

Daun mimba efektif untuk membasmi serangan hama berupa jamur atau bakteri karena memiliki kandungan aktif azadirachtin, nimbin dan metiantriol. Kemudian, dalam penggunaannya daun mimba yang sudah diekstraksi bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis hama tanaman. Tidak hanya infeksi jamur atau bakteri, melainkan tungau, kutu daun, ulat, kumbang dan sebagainya.

Sebuah studi lapangan yang dilakukan oleh balai penelitian tanaman pangan (bptp) di daerah yogyakarta, menyebutkan bahwa hasil ekstraksi daun mimba juga bisa dipakai untuk membasmi penyakit tanaman terutama yang disebabkan oleh jamur, bakteri atau virus. Maka tidak heran apabila para petani dapat memakai daun mimba sebagai fungisida organik ataupun bakterisida organik yang membantu mengendalikan penyakit dan hama pada tanaman di lahan pertanian.

Baca Juga:

Demikian info Cara membuat fungisida organik dan bakterisida organik dari daun mimba, semoga memberikan inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme