Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Budidaya Cabe Tanpa Mulsa Plastik

Cara budidaya cabe tanpa mulsa plastik – Keberadaan mulsa plastik atau pembungkus plastik pada budidaya tanaman cabai sebenarnya tidak perlu diperdebatkan. Sebagian besar para petani cabai, lebih senang memakai mulsa plastik untuk melindungi tanaman cabai dari berbagai serangan hama penyakit maupun paparan sinar matahari yang terlalu banyak. Akan tetapi, tentu saja hal ini bukan tanpa kelemahan. Harga mulsa plastik yang terus merambat naik, membuat para petani cabai dengan modal kecil juga harus berpikir ulang untuk memakainya.

1

Padahal kenyataannya, meskipun tidak memakai mulsa plastik pun, tanaman cabai masih bisa tumbuh dengan baik, asalkan mendapatkan perawatan yang tepat dan benar.

Baca: Klasifikasi Singa Laut

Lalu, bagaimana sejatinya Cara budidaya cabe tanpa mulsa plastik? Inilah penjelasan selengkapnya:

Cara budidaya cabe tanpa mulsa plastik

  1. Pengolahan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak
  2. Pembuatan bedengan dengan lebar 90 cm, dengan panjang sesuai keinginan.
  3. Buatlah parit di sekitar bedengan untuk membuat aliran air saat turun hujan agar tidak menggenang
  4. Pantau keasaman tanah lahan dengan ph meter. Untuk tanaman cabai direkomendasikan sebesar 6 – 7.
  5. Penyemprotan sebelum 1 minggu usia bibit cabai ditanam memakai trichoderma.
  6. Pembasmian gulma atau tanaman liar dan rumput-rumput liar
  7. Penyiraman di musim kemarau harus lebih intens karena lahan cabai mudah kering
  8. Lakukan penyemprotan fungisida dan bakterisida semenjak bibit cabai masih dini agar tanaman cabai bisa tumbuh bebas serangan hama

Pemupukan dengan waktu, cara, dosis yang tepat

  1. Pemupukan awal dengan cara dikocor.
  2. Pemupukan lanjutan, pada usia tanaman cabai 1 bulan dengan ditabur di sekitar batang. Kemudian ditutup sedikit tanah padat agar pupuk tidak cepat menguap.
  3. Pemupukan lanjutan berikutnya, ketika cabai 60 HST. Pupuk di tabur di sekitar batang saat tanah lembap atau turun hujan.
  4. Pemupukan berikutnya, pada usia tanaman cabai 90 HST. Caranya sama dan sebelum pemupukan jika ada gulma atau tanaman liar penggangggu harus dibersihkan.
  5. Pemupukan selanjutnya, pada usia tanaman cabai mencapai 1 bulan. Awasi kondisi tanaman cabai apabila bagus dan sehat atau berpotensi berbuah lagi. Apabila tidak ada indikasi tersebut, maka hentikan pemupukan.
  6. Siram tanaman cabai tanpa mulsa plastik pembungkus di musim kemarau dengan intensitas lebih sering, pasalnya kondisi tanah akan lebih cepat kering. Penyiraman ini bahkan boleh dilakukan hingga 2 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Mengingat pangsa pasar tanaman cabai yang sangat prospek cerah, tidak ada salahnya bagi para pembudidaya tanaman cabai untuk memperhatikan Cara budidaya cabe tanpa mulsa plastik. Selain lebih ekonomis dari segi modal, tanaman cabai juga dapat terbebas dari gejala kekeringan pada batang karena kesalahan saat menutup mulsa plastik.

Baca Juga:

Demikian info Cara budidaya cabe tanpa mulsa plastik. Semoga menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme