Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Membuat Pakan Alternatif Buatan Ternak Belut

Cara Membuat Pakan Alternatif Buatan Ternak Belut – Pasta adalah salah satu pakan belut buatan yang diolah dan dibuat dari campuran ramuan yang terdiri dari berbagai macam bahan. Pasta merupakan pakan buatan yang bisa dibilang sangat baik bila dipakai untuk mendongkrak pertumbuhan belut ternakan anda dengan cepat. Kandungan nutrisi yang akan kita beri bisa kita sesuaikan, dan dapat kita takarkan dengan menyesuaikan racikan komposisi bahan – bahan pasta. Pasta sendiri, sebenarnya tergolongkan pula sebagai pakan alternative buatan yang bisa anda berikan ke belut yang sedang anda ternakan.

Berikut ini cara-cara pembuatan pasta dan cara-cara pemberian pakan pasta untuk ternakan belut:

1. Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat 1 kg pasta

  • Daging ikan rucah ataupun keong ataupun bekicot seberat 750 gr
  • Pelet ikan seberat 200 gr
  • Tepung tapioka sebanyak 1 sendok makan untuk setiap 1 kg pakan pasta yang akan dibuat.
  • air bersih secukupnya

2. Cara pembuatan pakan pasta untuk belut

  • Gilinglah Daging ikan rucah atau keong ataupun bekicot hingga halus
  • Basahi pelet ikan dengan memakai air secukupnya agar pelet dapat melunak
  • Campurkan gilang daging dengan pelet lunak tadi dan kemudian tambahkan tepung tapioka sebanyak 1 sendok makan. Kemudian aduk-aduk sebentar hingga rata.
  • Gilinglah campuran daging dan pelet tadi agarbisa sedikit lebih halus dan juga tercampur dengan lebih merata.

3. Cara pemberian pasta untuk pakan ternak belut

  • bentuklah pasta seperti bentuk adonan cireng
  • taruhlah pada tempat seperti para-para atau wadahan pakan yang terbuat dari jaring ataupun tali rapia.
  • taruhlah wadah pakan pada aliran/ kamalir kolam ternakan belut
  • Pasta tidak dapat digunakan sebagai stock pakan dan hanya dapat digunakan dalam kurun waktu maksimal 12 jam penyimpanan beku didalam lemari es.

Sekedar tips dari kami, ketika anda hendak memberikan pakan belut alternative yang anda buat semisal pasta, anda haruslah memperhatikan porsi pemberianya. Jangan sampai terlalu berlebih, apalagi terlalu sedikit. Cara termudahnya adalah, dengan memperhatikan pola nafsumakan dari si belut. Sebab, pemberian pakan yang berlebih dapat menurunkan stok pakan anda dengan cepat. Akibatnya, tingkat keuntungan anda pun berkurang. Namun, bila anda memberikan pakan dengan jumlah yang terlalu sedikit, pertumbuhan belut yang anda ternakan akan terhambat. Atau bahkan, tidak maksimal.

Kedua hal tadi, bila kita simpulkan dapat mengacam presentase keuntungan yang diperoleh oleh peternak. Oleh karenanya, perhatikanlah betul-betul pemberian takaran pakan, agar pertumbuhan belut bisa optimal, serta anda mendapatkan keuntungan yang lumayan. Dan, dengan akumulasi keuntungan yang lumayan tadi, anda dapat terus menerus mengembangkan usaha budidaya ternakan belut sesuai keinginan anda.

Baca Juga:

Yap, itulah kiranya artikel singkat kami tentang cara membuat pakan alternative buatan ternak belut, semoga membawa manfaat untuk para pembaca semua, terimakasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme