Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com

Ciri-ciri Ternak Sakit dan Sehat

Ciri-ciri ternak sakit dan sehat – Jika anda sedang belajar untuk mengenal bagaimana tipe ternak yang sehat, anda dapat melakukanya  dengan cara mengamati tingkah laku ternak tersebut. Kali ini kami akan menunjukan indikator yang dapat digunakan anda gunakan antara lain :

1. Mata

Ternak yang sehat mempunyai sorot mata yang bersih dan juga cerah, kondisi bola mata yang cukup baik, bersih dan juga tidak terdapat kelainan-kelainan mata, semisal berair, bercak kemerahan pada area kornea mata, adanya selaput berwarna putih seperti katarak, ataupun adanya beberapa kotoran dan luka di sudut mata. Pada ternak sehat, pupil matanya akan bereaksi jika ia melihat pergerakan ataupun cahaya yang ada di depannya.

2. Rambut ataupun Bulu.

Ternak yang sehat mempunyai rambut yang tidak kusut, bersih, halus, tidak kusam, dan juga mengkilap. Secara normal, rambut ternak memang akan rontok ketika ditarik, tetapi jumlahnya tidaklah banyak. Kerontokan bulu dalam jumlah banyak bisa menjadi ciri hewan yang sedang kurang sehat.

3. Nafsu Makan.

Ternak yang mempunyai nafsu makan yang baik merupakan salah satu ciri ternak yang sehat, karena gejala awal dari ternak yang sakit adalah adanya penurunan nafsu makan.

4. Pergerakan.

Banyaknya gerak ataupun aktivitas ternak bisa menjadi salah satu indikator dari kesehatan ternak. Apabila ternak banyak bergerak dan tidak nglentruk, kondisi dari ternak bisa dianggap sehat, sedangkan ternak yang cenderung diam serta kurang agresif merupakan ciri dari ternak yang sedang kurang sehat.

5. Kulit.

Kulit ternak yang elastis dan tidak ada luka fisik/cacat. Saat disentuh atau ditarik, kulit ternak sangat terasa kenyal, dan posisi kulit akan kembali ke keadaan yang semula dalam waktu singkat. Perubahan warna kulit ternak yang terjadi secara abnormal juga merupakan indikator dari kondisi yang kurang sehat.

6. Membran Mukosa.

Mukosa pada hidung dan mata tidak berbau, halus, terlihat mengkilat dan tidak pucat. Cermin hidung (kerbau, sapi, kuda) yang sehat selalu nampak basah.

7. Kotoran/ Feses

Ternak yang sehat, fesesnya tidak bertekstur lembek (tidak diare).

8. Berdiri atau berjalan seimbang.

Sikap berdiri si ternak menggambarkan keseimbangan serta posisi tubuh yang simetris. Dari berbagai sisi, sikap berdiri ternak yang sehat haruslah seimbang dengan memperhatikan posisi tubuh yang harmonis.

Sedangkan secara anatomi dan secara fisologi ternak, kesehatan ternak untuk fisik bagian luar anggota badan sempurna, kaki-kaki berkembang simetris, dan tidak terdapat kecacatan ataupun kelainan pertumbuhan yang buruk pada seluruh anggota tubuh si ternak.

Baca Juga: 

Yap, itulah artikel singkat kami tentang ciri-ciri ternak sakit dan sehat. Semoga artikel yang singkat ini bisa membantu anda secara optimal dan semoga dapat memberi manfaat yang baik untuk anda. Terimakasih.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme