Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Pakan Alternatif Lele Dari Kotoran Sapi dan Kambing

Cara membuat pakan alternatif lele dari kotoran sapi dan kambing – Hai. Kali ini kami akan memberikan penjelasan singkat tentang cara embuat pakan alternative lele dari kotoran sapi dan kambing untuk menambah pengetahuanmu. Untuk kali ini, kami akan memberikan racikan pada takaran 10 Kg kotoran sapi dan kambing ya.

Bahan

  1. Kotoran sapi dan kambing yang telah didiamkan sekitar seminggu atau minimal 5 hari di ruang terbuka seberat 10 kg.
  2. Probiotik Cair, bisa dibeli di toko-toko pertanian. Jenis probiotik yang biasa dipakai adalah EM4, Biocatfish dan masih cukup banyak lagi, tinggal kita tanyakan saja ketika akan membeli di toko pertanian. Dapat pula tidak menggunakan Probiotik, tetapi waktu inkubasi / waktu penimbunan akan menjadi semakin lama.
  3. Air yang akan dipakai untuk melumatkan kotoran sapi yang telah mengering, atau kotoran sapi yang terlanjur mengeras. Air ini bersifat sebagai pengencer, namun jangan sampai terlalu encer saat dalam proses pengenceran. Idealnya seperti adonan kental semisal adonan roti.

Peralatan

  • Drum yang masih ada tutupnya, atau wadah bejana apa saja yang kedap udara serta tidak ada lubang.
  • Gayung untuk menciduk
  • Ember untuk digunakan
  • Serta alat-alat lain yang kiranya diperlukan.

Cara Pembuatan :

  1. Siapkanlah adonan kotoran sapi yang tadi sudah dibuat seperti adonan seberat 10 kg. Disini kita akan membuat racikan untuk 10 Kg kotoran sapi dan kambing.
  2. Masukanlah adonan tadi ke dalam blong atau drum atau wadah bejana lain yang kedap udara.
  3. Siapkan probiotik lalu tuangkan sebanyak 20 tutup botol atau setara 200 ml probiotik ke dalam adonan kotoran sapi tadi.
  4. Aduklah agar merata dan tercampur dengan sempurna.
  5. Inkubasikan (diamkan) selama 24 jam di tempat yang tertutup supaya terjadi Fermentasi / penguraian. Pada proses ini jangan sampai ada udara yang masuk, karena udara akan berpotensi menggagalkan proses tahapan fermentasi. Dalam istilah biologi, fermentasi jenis ini adalah proses fermentasi tanpa memerlukan Oksigen. Jadi usahakan agar wadah benar-benar tertutup rapat.
  6. Setelah 24 jam, buatlah lubang di wadah. Biarkan udara masuk kedalam bejana. Biarkan selama 7 hari dalam keadaan bejana teraliri udara, semakin lama akan semakin bagus, namun jangan sampai terjadi selama bertahun-tahun. Lubang sebaiknya dibuat dengan melubangi tutup atau dengan hanya membuka seperempat tutup saja.
  7. Setelah sekira 60 hari akan banyak cacing yang hidup, ha ini menandakan bahwa proses pembuatan Pakan lele berhasil.
  8. Pakan sudah bisa digunakan. biasanya pakan jenis ini sangatlah cocok untuk lele untuk masa pembenihan atau masih berukuran tak lebih besar dari 2 jari.

 Baca Juga:

Sekiranya cukup sekian artikel singkat kami tentang cara membuat pakan alternative lele dari kotoran sapi. Terimakasih,

Loading…

1 Comment

Add a Comment
  1. Silvie Amelia

    Akhirnya ketemu juga..Makasih kak infonya..Langsung dicoba nih..dapat menghemat biaya budidaya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme