Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Pengertian Manajemen dan Fungsi Manajemen

Pengertian manajemen secara umum, manajemen menurut ahli, fungsi-fungsi manajemen–  Manajemen berasal dari Bahasa Inggris  yaitu Manage yang artinya adalah mengelola, mengendalikan, mengusahakan, dan juga mengurus atau memimpin.

Baca: Cara Membuat Mesin Penetas Telur Mudah dan Sederhana

A.Pengertian Manajemen Secara Umum

Pengertian manajemen secara umum merupakan suatu proses pengorganisasian atau rangka untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan cara berkelompok dan sumber daya yang dimiliki. Manajemen secara etimologis merupakan melaksanakan dan mengatur suatu rangka untuk pencapaian tertentu.

B.Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

  • Mary Parker F mengemukakan bahwa pengertian manajeman adalah sebagai suatu nilai seni, yang dapat bisa dikerjakan dan diselesaikan dengan orang lain.
  • George R. Terry mengemukakan bawa pengertian manajemen adalah tempat atau wadah ilmu pengetahuan, sehingga manajemen dapat dibuktikan kebenarannya secara umum.
  • Koontz mengemukakan bahwa pengertian manajeman adalah suatu seni yag menghasilkan atau produktif yang didasarkan dalam pemahaman ilmu manusia.
  • stoner mengemukakan bahwa pengertian manajemen adalah proses dalam pembuatan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta memimpin suatu usaha dari semua organisasi dan juga menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.
  • Oey Liang Lee mengemukakan bahwa pengertian manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, serta pengendalian dari sumber [erusahan dalam pencapaian tujuan yang ditentukan.
  • Wilson mengemukakan bahwa pengertian manajemen adalah sbuah rangkaian tindakan yang dilakukan oleh anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi.

C.Fungsi-Fungsi Manajemen

Secara umum, proses dan fungsi manajemen terdiri dari beberapa yaitu sebagai berikut:

1.Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk membuat tujuan bisnis/usaha dengan berbagai rencana untuk mencapai  tujuan yang diinginkan.

2.Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian  adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam usaha/bisnis dengan membagi kegiatan-kegiatan sesuai dengan tugas/bidang nya masing-masing agar tercapai suatu tujuan dengan mudah.

3.Pengarahan (Directing)

Pengarahan adalah suatu tindakan yang dilakukan dalam mengarahkan atau mengusahakan serta mengatur semua anggota sesuai dengan perencanaan agar dapat tercapai dengan mudah dan sesuai dengan keinginan.

Baca Juga:

Demikianlah informasi tentang Pengertian Manajemen dan Fungsi-fungsi manajamen semoga berguna dan bermanfaat serta menambah wawasan anda.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme