Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Mengatasi Ayam Broiler Lumpuh

Cara Mengatasi Ayam Broiler Lumpuh – Ayam broiler atau dikenal dengan ayam pedaging adalah salah satu jenis ayam yang diternakkan untuk dapat menghasilkan daging saja. Para peternak ayam pedaging tentunya ingin mendapatkan hasil produktivitas daging yang maksimal dalam waktu yang relatif singkat.

Namun, perlu diketahui untuk menghasilkan produktivitas daging maksimal yang relatif singkat maka akan mengakibatkan beberapa penyakit akan timbul pada ayam pedaging tersebut, terutamanya penyakit kelumpuhan.

Baca: Ciri-Ciri DOD Bebek Yang Baik dan Berkualitas

Ada 7 penyebab penyakit kelumpuhan yang sering menyerang ayam broiler, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Genetik (keturunan), juga menyebabkan kelumpuhan pada ayam broiler. Keturunan yang tidak baik, dan berkualitas serta sudah terserang penyakit kelumpuhan akan mengakibatkan struktur tulang tidak tumbuh dengan baik.
  • Infeksius, juga penyebab kelumpuhan pada ternak ayam broiler. Biasanya penyebab kelumpuhan ayam broiler, seperti Colibacillosisis, Chronic respiratory, Disease (CRD), Kolera dan Staphylococosis serta infeksi Reovirus dan  Newscastle dieses (ND).
  • Rendahnya mengkonsumsi kandungan vitamin C, D, mineral, kalsium dan fospor pada ransum yang yang dikonsumsi ayam broiler.
  • Pertumbuhan daging yang relatif cepat dan singkat, menyebabkan penyerapan nutrisi tulang kurang terpenuhi sehingga akan menyebabkan tulang mudah patah, retak, sendi bergeser dan kelumpuhan.
  • Kecepatan pertumbuhan ayam broiler tidak diimbangi dengan proses penimbunan mineral pada ayam.
  • Proses pertumbuhan dan penyempurnaan bentuk tulang serta urat tidak diimbangi dengan pertumbhan daging ayam broiler sehingga tulang dan urat belum siap untuk menyangga berat badan ayam broiler setiap harinya.
  • Ayam broiler juga dapat lumpuh dikarenakan kejepit, serangan teman dalam satu kandang dan serangan binatang lainnya.

Cara Mengatasi Ayam Broiler Lumpuh

  1. Berikan obat antibiotik yang baik dan tepat yang disebabkan oleh agen bakteri, misalnya penyakit Colibacillosis, obat yang diberikan berupa Ampicol atau Coliqum.
  2. Lakukan vaksinisasi dengan teratur dan tepat, untuk mencegah terserangnya penyakit. Vaksin yang diberikan seperti Medivac ND Clone 45 dan Medivac ND La Sota (vaksin tersebut untuk mencegah penyakit ND), sedangkan untuk penyakit yang diakibatkan oleh virus belum ada obatnya.
  3. Berikan ayam broiler multivitamin, misalnya Vita Stress dan Fortevit. Bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan penyakit.
  4. Menerapkan konsep Biosecurity untuk dapat menemalisir agen penyakit yang akan menyerang ayam tersebut.
  5. Manajemen pemeliharan yang tepat, baik pemberian pakan, pergantian air minum, pemanasan kandang, kebersihan kandang dan sebagainya.

Baca Juga:

Demikianlah Informasi tentang Cara Mengatasi Ayam Broiler Dengan Baik dan Benar. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi para peternak ayam broiler. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme