Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Cara Mengobati Ayam Cacingan Yang Ampuh

Cara Mengobati Ayam Cacingan Yang Ampuh –  Cacingan adalah salah satu masalah pencernaan yang disebabkan oleh infeksi Platyhelminte dan jenis  cacing gilig (nematoda), cacing pita (cestoda) dan cacing daun (trematoda) yang dapat menyebabkan ayam broiler, ayam kampung, ayam bangkok/ayam aduan akan tampak lesu, lemas, nafsu makan berkurang dan mengakibatkan kematian pada ayam.

Baca: Ciri-Ciri Indukan Sapi Yang Bagus dan Berkualitas

Penyakit cacingan harus segera diobati dan ditanggani segera, dengan cara yang cukup mudah dan simple baik menggunakan obat tradisional maupun obat kemasan yang sudah banyak dijual. Namun, bagi peternak pemula yang belum memahami atau mengerti cara mengatasi ayam cacingan. Berikut kami akan menjelaskan cara mengatasi ayam cacingan dengan tepat, benar dan ampuh.

Cara Mengobati atau Mengatasi Ayam Cacingan

1. Mengobati dengan bahan Tradisional

  • Daun tembakau: lakukan pengirisan daun tembakau hingga halus, dan berikan daun tembakau yang sudah diiris, dalam keadaan tembolok ayam kosong. Lalu berikan minum, dengan spon basah yang diperas.
  • Buah pinang muda: dilakukan dengan mengupas kulitnya, dan diiris hingga halus serta biarkan tembolok ayam kosong terlebih dahulu. Lalu kemudian berikan buah pepaya yang diiris tersebut pada ayam yang terkena penyakit cacingan tersebut.
  • Daun tembakau: juga bisa digunakan untuk mengatasi cacingan, dengan cara mengiris daun tembakau hingga halus dan berikan juga saat tembolok kosong serta berikan air pada ayam tersebut.

2. Mengobati dengan obat kemasan

Anda bisa mengatasi penyakit cacingan dengan menggunakan obat cacing kemasan, yang bisa di dapatkan di poultri/apotik hewan. Obat cacing tersebut seperti piperazin, levamizol, niklisamida dan ivermectin. Hal tersebut diberikan sesuai dengan dosis yang ditentukan .

Baca Juga:

 

Demikianlah informasi tentang Cara Mengobati Ayam Cacingan. Semoga dapat membantu dan berguna bagi para peternak ayam. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme