Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mengatasi Lalat Buah Pada Tanaman

Cara Mengatasi Lalat Buah Pada Tanaman – Lalat buah atau dikenal dengan nama latin Bactrocera spp merupakan salah satu hama yang menyebabkan banyak kerugian pada tanaman hortikultura, yang banyak dibudidayakan dan ditanamn misalnya, tanaman semangka, melon, cabe atau cabe, mangga, belimbing, jambu, nangka dan tanaman hortikultura lainnya.

1

Hama lalat buah ini juga akan mengakibatkan penurunan produktivitas buah, kualitas buah menurun, kegagalan pasca panen, buah berjatuhan, menjadi abnormal dan bahkan mengakibatkan tanaman menjadi rusak dan pertumbuhan lambat. Buah yang sudah diserang dengan hama lalat buah ini tidak layak lagi dikonsumsi maupun dipasarkan, sehingga mengakibatkan kerugian yang besar bagi para petani.

Gejala Serangan Lalat Buah


Buah yang terserang pada hama lalat buah ini akan mengakibatkan buah terdapat lubang kecil maupun besar dengan warna kehitaman, biasanya lubang tersebut digunakan untuk perkembang biakan lalat buat atau penempatan larva anakan lalat buah. Biasanya hama lalat buah akan menyerang tanaman yang sudah berbuah matang sempurna, karena memiliki perdagingan buah yang cukup lunak sehingga di manfaatkan untuk hama ini menjadi tempat perletakan larva atau anakan dari lalat buah hingga menetas. Kerusakan hama lalat buah ini akan mengakibatkan buah menjadi abnormal, busuk, dan mengakibatkan buah gugur.

Pengendalian dan Pembasmian Lalat Buah


Pengendalian dan pembasmian hama lalat buah dapat dilakukan dengan cara diantaranya yaitu :

  • Melakukan pengumpulan buah yang tidak bisa di panen, dengan cara penyortiran untuk memutuskan siklus dari lalat buah disekitar tanaman tersebut.
  • Melakukan pembungkusan buah mulai dari umur, 1,5 bulan untuk mencegah peletakan telur lalat buah.
  • Melakukan pengasapan untuk dapat membantu mengusir lalat buah yang ada di dalam lahan atau sekitar tanaman.
  • Membuat perangkap lalat buah, biasanya menggunakan bahan pemikat lalat buah.
  • Jika sudah diketahui terkena gejala awal hama lalat buah, bisa juga menggunakan pestisifa kimia berbahan sintetik, misalnya Deltametrin, Beta siflutrin, dan imidakloprid.

Baca juga :

Itulah cara mengatasi lalat buah pada tanaman semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme