Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Macam Macam Hama Ulat Yang Menyerang Tanaman

Macam Macam Hama Ulat Yang Menyerang Tanaman – Hama merupakan salah satu gangguan atau masalah yang besar yang sering sekali di hadapi oleh petani, karena hama tersebut akan mengakibatkan penurunan produktivias, kegagalan panen dan bahkan kematian pada tanaman.

1

Hama pada tanamanan atau tumbuhan memang sangat banyak dan beragam jenis, mulai dari serangga yang menyerang pada daun dan bahkan pada bagian akar yang mengakibatkan tanaman akan cepat mati. Namun banyak para para petani yang mengalami ngangguan atau masalah tanaman dengan diserangnya hama ulat. Hama ulat memang terdengar sangat biasanya, namun sebenarnya akan mengakibatkan tanaman menjadi abnormal dan bahkan mengalami kelayuan yang sangat parah.

Baca : Cara Ampuh Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi

Untuk mengantisipasi atau menghindari hama ulat tersebut harus terlebih dahulu mengenal beberapa jenis dan macam hama ulat yang sering menyerang tanaman atau tumbuhan terlebih dahulu, agar dapat mudah mengatasi atau mengendalikan hama ulat tersebut.

1. Hama Ulat Tanah ( Agrostisypsilon )


Hama ulat tanah ini menyerang bagian pekarakan didalam tanah yang akan mengakibatkan tanaman layu, mati mendadak dan bahkan perakaran mengalami kerusakan diakibatkan ulat tanah tersebut. Pengendalian hama ulat tanah ini biasanya dapat dilakukan dengan cara :

  • Membasmi atau memunggut ulat tanah secara manual dan membunuhnya.
  • Melakukan penyemprora instektisida dengan DDT 5 % atay Chloordane.
  • Jika sudah parah, lakukan tindakan pembasmian dengan mencabut tanaman yang sudah terserang.

2. Hama Ulat Pendam ( Prodenialitura )


Hama ulat pendam ini hampir sama menyerang bagian perakaran yang berada didalam tanah, dengan mengigit perakaran yang masih muda biasanya hama ulat pendam ini hanya menyerang tanaman yang masih muda atau masih dalam persemaian. Pengendalian hama ulat pendam ini dapat dilakukan dengan cara :

  • Membunuh atau membasmi secara manual dengan membongkar media tanah atau tanam.
  • Melakukan penyemprotan dengan insektisida berbahan aktif, sesuai dengan dosis yang ditentukan.
  • Melakukan pembuangan atau pencabutan tanaman yang sudah terserang.

3. Hama Ulat Pupus ( Heliothis assulta )


Hama ulat pupus ini menyerang daun yang berada di pucuk atau yang masih muda, biasanya akan menyerang tanaman yang masih dalam persemaian yang akan mengakibatkan daun rusak atau abnormal, mengalami perubahan warna menjadi kekuningan dan tanaman layu. Pengendalian hama ulat pupus ini dapat dilakukan dengan cara yang sama yaitu :

  • Melakukan penyemprotan dengan insektisida berbahan aktif, sesuai dengan petunjuk dan dosis.
  • Melakukan pembunuhan atau pembasmian secara manual dengan membongkar media tanam
  • Melakukan pemusnahan tanaman yang sudah terserang hama tersebut

4. Hama Ulat Daun ( Plutela maculipennis )


Hama ini menyerang daun yang masih muda dan tua sehingga menyebabkan daun menjadi abnormal atau mengalami kecacatan, rusak dan bahkan akan terdapat lubang – lubang yang besar, lama kelamaan akan mengakibatkan daun habis hanya menjadi terdapat kerangka daunnya saja. Pengendalian hama ulat daun ini sama dengan cara diatas.

5. Hama Ulat Lainnya


Kebanyakan hama ulat lainnya menyerang bagian daun mudah atau tua, batang tanaman yang masih mudah sehingga mengakibatkan tanaman layu, kering, dan bahkan akan mengakibatkan kematian pada tanaman yang terserang. Pengendalian hama ulat lainnya juga dapat dilakukan sama dengan cara diatas yaitu :

  • Melakukan penyemprotan insektida berbahan aktif, sesuai dengan petunjuk dan dosis.
  • Melakukan pembunuhan atau pembasmian secara manual.
  • Pemusnahan tanaman yang sudah terserang hama tersebut.

Baca juga :

Itulah hama ulat yang sering menyerang tanaman atau tumbuhan semoga informasi kami berikan berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme