Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Mudah Membedakan Itik Jantan & Betina

Cara Mudah Membedakan Itik Jantan & Betina – Beternak merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan para ternak. Namun, hal yang harus di lakukan dalam membudidayakan adalah membedakan ternak antara jantan dan betina. Hal ini sangat penting di ketahui para ternak untuk proses pembesaran atau selanjutnya.

1

Jika para pemula tidak mengatahui cara membedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Berikut cara membedakan jantan dan betina ternak itik dengan mudah dan sederhana sebagai berikut.

Membedakan Jantan dan betina  ternak itik

Dalam membedakan ternak itik ada 3 macam yaitu hand sexing, bend sexing dan voice sexing. Untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut ini.

a. Hand sexing

Hand sexing merupakan cara memiliki jenis kelamin ternak itik yang di lakukan dengan membuka bagian anus atau kloaka. Hal ini di lakukan dengan cara melihat bagian tersebut ada memiliki benjolan kecil di dalam anus maka anak itik itu berkelamin jantan, namun sebaliknya jika tidak ada maka anakan itik berkelamin betina.

Dengan melakukan Hand sexing ini dapat mempercepat waktu untuk melakukan pemeliharaan berikutnya. Namun, juga kelemehan dalam proses ini adalah harus teliti dalam melakukan pemilihan terhadap anakan dengan jumlah yang banyak.

b. Bend sexing

Bend sexing merupakan cara memilih jenis kelamin ternak itik yang di lakukan dengan memperhatikan tingakah laku dan juga pergerakan ternak itik. Hal ini di lakukan dengan cara membedakan warna bulu halus ternak itik dan paruh pada ternak itik. Perbedaan ini sangat menonjol karena ternak itik jantan memiliki warna gelap terang, kasar di bandingkan dengan ternak itik betina. Sedangkan warna ternak itik betina lebih cendrung memiliki warna tranparans tipis dan memiliki bulu yang lembut.

Dengan melakukan Bend sexing ini lebih cepat membandingkan itik jantan dan itik betina di bandingkan dengan cara yang sudah di jelaskan di atas. Namun, kelemahan dalam proses ini harus lebih mendalami pembedaan bulu dan juga paruh dari berbagai informasi.

c. Voice sexing

Voice sexing merupakan cara memilih jenis kelamin ternak itik yang di lakukan dengan cara membedakan suara ternak itik jantan dan itik betina. Hal ini di lakukan dengan cara memilih suara yang serak dan juga besar berarti ternak itik jantan, sedangkan ternak itik betina memiliki suara yang lebih tajam dan nyaring.

Dengan melakukan Voice sexing ini akan lebih cepat dan tidak memakan waktu yang lebih lama di bandingkan pada umumnya. Tetapi kelemahan dalam proses ini harus dilakukan dengan teliti dan juga di imbangi dengan pengetahuan.

Dalam melakukan sebuah pemilihan jenis teknak itik jantan dan itik betina ini. Harus mengimbanginya dengan pengetahuan, penuh dengan teliti dan pengelaman.

Baca juga : Pengendalian Penyakit Ternak Bebek ( Entok )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme