Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Ciri Khusus Kambing dan Kegunaanya

Ciri khusus kambing dan kegunaanya – Kambing adalah hewan mamalia yang tergolong herbivora (pemakan tanaman atau tumbuh-tumbuhan ) dan juga memamah biak. Kambing mempunyai ukuran tubuh yang bisa dibilang hampir sama dengan Biri-Biri. Daging kambing tergolong halal (dapat dimakan). Susu kambing juga baik dan boleh diminum atau juga dijadikan untuk bahan membuat kosmetik.

Kambing bisa dijumpai di hampir seluruh pelosok wilayah Indonesia, negara tetangga, negara tropis, subtropis lainya.

Bagi anda yang sedang mencari artikel tentang ciri-Ciri kambing ataupun ciri-Ciri hewan ternak Kambing beserta manfaatnya, kami akan sedikit berbagi dengan anda tentang ciri-ciri kambing, dan juga kegunaanya. Berikut ciri-cirinya, silahkan disimak ya.

1. Hewan herbivora (pemakan rumput)
Kambing biasanya memakan rumput. Hal ini untuk mempertahankan keberlangsungan hidupnya.

2. Memiliki sepasang tanduk.
Kambing jantan biasanya memiliki sepasang tanduk yang dipakai untuk menyerang ataupun mempertahankan diri dari gangguan kambing ataupun hewan lain.

3. Memiliki bulu yang berwarna putih maupun krem.
Bulu bulu yang terdapat pada kambing berfungsi untuk menstabilkan suhu tubuh dari si kambing.

4. Memiliki ekor yang pendek.

Ekor pada hewan, biasanya berfungsi untuk membantu hewan tersebut menjaga kebersihan bokong dari hewan tersebut.

5. Memiliki sepasang kaki depan dan sepasang kaki belakang.
Kaki-kaki pada kambing berfungsi untuk menopang tubuh kambing sewaktu berdiri, dan berfungsi untuk menjadi alat berpindah dan menjelajah guna mencari makanan.

6. Memiliki mata yang berwarna hitam dengan bentuk mini-persegi panjang.
Mata pada kambing berfungsi sebagai indera penglihatan untuk si kambing.

7. Memiliki sepasang daun telinga yang panjang.Telinga kambing berguna untuk indera pendengaran kambing. Sehingga kambing mampu menyimak suara-suara yang sedang berbunyi di sekitarnya dan memantau keadaan sekitar dengan lebih jelas.

8. Memiliki kelenjar susu.
Ini berguna untuk memelihara keturunan kambing. Serta membawa manfaat untuk manusia. Sebab, susu kambing diyakini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

9. Memiliki hidung yang pesek.

Hidung kaming ini berfungsi sebagai media dan jalur alat pernafasan kambing. Dan ini juga bisa menjadi indicator tingkat kesehatan dari si kambing. Sehingga, si kambing mudah untuk diamati oleh si peternaknya.

10. Hanya memiliki gigi seri dan gigi geraham.

Umumnya, gigi kambing hanya terdiri dari gigi seri dan gigi graham. Jenis gigi ini sendiri memudahkan kambing untuk mengunyah makananya yang biasanya terdiri dari aneka rerumputan ataupun dedaunan.

11. Letak mata di samping kepala.

Letak mata yang berada di samping kepala, membuat kambing dapat lebih waspada dalam mengamati pergerakan sekitarnya. Berbeda dengan manusia yang hanya bisa melihat segala hal yang ada di depanya saja, kambing dapat melihat keadaan yang ada di samping kepalanya dengan lebih baik berkat posisi mata yang berada disamping kepala ini.

12. Berkembang biak dengan cara melahirkan.

Ini berguna untuk melangsungkan keturunan dari kambing dan ini juga sangatlah menguntungkan untuk para peternak yang membudidayakan kambing untuk dianak pinakan.

Baca Juga: 

Kiranya, itulah artikel singkat kami tentang ciri khusus kambing dan kegunaanya. Semoga bermanfaat, see you next post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme