Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Berbagi Ilmu Pengetahuan

By Fredikurniawan.com




Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan

Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan HewanFaktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada hewan, dibagi menjadi dua bagian yaitu faktor internal (faktor dalam) dan faktor eksternal (faktor luar). Faktor internal, meliputi gen (genetik) hormon, ras, umur dan jenis kelamin, sedangkan faktor eksternal meliputi nutrisi makanan, suhu, sinar matahari, aktivitas fisik, lingkungan dan manajemen pemeliharaan.

Baca: Cara Mengatasi Hama Lalat Buah Tanaman Mangga 

1. Faktor Internal (Faktor dalam)

a. Gen (Genetika)

Gen merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan. Gen ini adalah sifat yang diturunkan dari induknya. Menurut Thomas Hunt Morgan, juga mengemukakan bahwa gen adalah materi yang kompak dan mengandung satuan informasigenetik yang mengatur sifat keturunan, memenuhi lokus suatu kromosom. Gen juga mengatur berbagai macam karakter, sifat, fisik dan tingkah laku hewan. Oleh sebab itu gen sangat memiliki peranan penting pada hewan, karena menentukan suatu kualitas dan kuantitas hewan yang akan dihasilkan.

b. Hormon

Hormon merupakan salah faktor yang sangat penting dan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan. Hormon pada hewan adalah suatu zat atau senyawa yang mengatur aktivitas tubuh hewan. Apabila hormon mengalami ketidakstabilan akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan hewan menjadi lambat.

c. Ras (Bangsa)

Ras juga faktor penentu dalam pertumbuhan dan perkembangan hewan. Hal ini dikarenakan hewan akan tumbuh dan berkembang sesuai dengan ras masing-masing. Misalnya sapi bali postur tubuh lebih pendek dan tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan sapi limousin yang memiliki postur tubuh besar.

d. Umur

Umur juga merupakan faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan. Hewan yang memiliki umur yang tua memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang sangat lambat, bahkan sudah tidak berkembang lagi dalam produksi dan layaknya di afkir. Oleh sebab itu, umur sangat menentukan dalam pertumbuhan dan perkembangan hewan. Maka pilihlah umur hewan yang masih muda sehingga muda tumbuh dan berkembang.

e. Jenis Kelamin

Jenis kelamin juga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan. Biasanya jenis kelamin hewan jantan pertumbuhannya lebih cepat dan postur tubuhnya lebih besar jika dibandingkan dengan jenis kelamin hewan betina.

2. Faktor Eksternal (Faktor Luar)

a. Nutrsi Makanan

Nutrisi makanan memang sangat penting dan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan. Kekurangan asupan nutrisi akan mengakibatkan pertumbuhan lambat, nafsu makan berkurang, produksi menurun dan bahkan mengakibatkan abnormalitas. Biasanya hewan membutuhkan nutrisi, seperti mineral, vitamin, protein dan pakan sumber serat yang tinggi.

b. Suhu

Suhu juga merupakan faktor yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan hewan. Suhu yang terlalu rendah dan terlalu tinggi atau tidak stabil akan menyebabkan pertumbuhan hewan terhambat. Suhu normal biasanya sekitar 37 derajat celcius.

c. Cahaya Matahari

Cahaya matahari yang tidak stabil akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan. Oleh sebab itu, ketika dalam pemeliharaan hewan berikan ventilasi agar cahaya matahari masuk kedalam perkandangan.

d. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik juga merupakan faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan. Aktivitas hewan yang kurang aktif, akibat perkandangan terlalu sempit akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan hewan. Oleh sebab itu, gunakan perkandangan yang tidak terlalu sempit sehingga hewan akan bergerak secara aktif.

e. Lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu hal penting dalam pertumbuhan dan perkembangan hewan. Sebaiknya pilihlah lingkungan yang jauh dari pemukiman, industri, keramaian dan tempat yang tidak tercamar. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, dikarenakan ketidaknyamanan hewan.

d. Manajemen Pemeliharaan

Manajemen pemeliharan adalah sangat penting diketahui dalam pertumbuhan dan perkembangan hewan. Dengan melakukan pemeliharaan yang tepat dan benar, akan sangat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan hewan. Apabila tidak dilakukan pemeliharaan yang tepat dapat mengambat pertumbuhan dan bahkan mengakibatkan kegagalan dalam dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Loading…

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tempat Berbagai Ilmu Pengetahuan © 2017 Frontier Theme