Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi blewah ( Cucumis melo )

Klasifikasi dan Morfologi blewah ( Cucumis melo ) – Blewah adalah salah satu tanaman buah yang berasal dari Asia Tenggara, tanaman ini biasanya dimanfaatkan untuk minuman penyegar tenggorokan dan dahaga. Tanaman blewah ini termasuk dalam famili Cucurbitaceae dengan ordo Violale yang hampir menyerupai buah labu – labuan.

1

Buah blewah ini memiliki bentuk bulat lonjong, dengan memiliki kulit berwarna jingga terang dengan bercak – bercak kehijaun. Buah ini juga memiliki daging lembut dan bertekstur halus, dibagian dalam buah tersebut terdapat rongga yang berisi biji dan serat yang sangat banyak. Selain itu, tanaman blewah ini dapat diklasifikasikan dan morfologi berdasarkan tingkatan atau taksonomi diantaranya yaitu :

Klasifikasi tanaman blewah

Kingdom : Plantae

Sub kingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub kelas : Dilleniidae

Ordo : Violales

Famili : Cucurbitaceae ( suku labu – labuan )

Genus : Cucumis

Spesies : Cucumis melo var. Cantalupensis L.

Morfologi buah blewah

Buah ini memiliki perakaran merambat dengan panjang mencapai 5 – 10 meter bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan tanaman, perakaran tanaman ini juga berserabut dengan mata tunas yang banyak, dan juga akar bewarna putih kotor hingga kecoklatan muda. Batang tanaman ini panjang dengan mencapai 10 meter bahkan lebih, batang ini merambat juga dengan bentuk bulat, lentur dan terdapat bulu halus di sekitarnya dengan warna batang hijau muda hingga tua. Batang tanaman ini memiliki percabangan banyak mulai dari percabangan daun hingga percabangan bakal buah.

Buah blewah berbentuk bulat lonjong dengan warna jingga dan terdapat bercak – bercak kehijuan, buah ini memiliki perdagingan berwarna kekuningan dengan tekstur lembut, dan halus. Dalam setiap buah terdapat biji yang banyak dengan bentuk pipih bewarna putih kotor dilengkapi dengan adanya serat – serat halus yang menyelimuti biji.

Kandungan dan manfaat buah blewah

Buah blewah memiliki kandungan kaya mineral kalium, provitamin A, serat, dan Vitamin C. Kandungan didalam buah ini berguna dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan ginjal, limpa, menurunkan tekanan darah dan menyembuhkan sariawan.

Baca juga :

Itulah klasifikasi dan morfologi buah blewah semoga informasi kami bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme