Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Jambu biji

Klasifikasi dan Morfologi Jambu biji – Jambu biji merupakan tanaman buah yang populer dan dikenal banyak masyarakat, tanaman jambu biji ini berasal dari daerah tropis Amerika. Jambu biji ini termasuk dalam famili Myrtaceae dengan ordo Myrtales dengan bentuk batang keras, panjang sekitar 10-20 meter bahkan lebih, buah berwarna hijau muda dan kekuningan berbentuk bulat.

1

Secara umum, tanaman jambu biji ini memiliki 150 spesies yang menyebar diberbagai daerah tropis, banyak jenis jambu biji sehingga banya ditemukan di berbagai daerah manapun. Berdasarkan penelitian jambu biji ini dapat diklasifikasi dan morfologi berdasarkan tingkatan diantaranya sebagai berikut :

Klasifikasi jambu biji

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )

Sub kingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembulu )

Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )

Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua/dikotil )

Sub kelas : Rosidae

Ordo : Myrtales

Famili : Myrtaceae ( suku jambu – jambuan )

Genus : Psidium

Spesies : Psidium guajava L.

Morfologi jambu biji

1. Akar

Perakaran jambu biji tunggang yang bercabang berbentuk kerucup atau meruncing panjang, tumbuh lurus kedalam tanah, bercabang banyak, dan berwarna kecoklatan muda hingga tua. Akar tanaman jambu biji ini bermanfaat untuk menyokong tanaman agar lebih kuat dan juga membantu menyerap unsur air dan zat makanan didalam tanah.

2. Batang

Batang tanaman jambu biji keras, memanjang dan juga memiliki permukaan halus dan licin. Perbatangan tanaman ini berbentuk bulat dengan diameter mencapai 10-20 cm bahkan lebih, bukan hanya itu batang tanaman ini kuat dengan panjang mencapai 10-20 meter bahkan lebih tergantung dengan jenis dan varietesnya. batang tanaman ini juga memiliki ruas pendek dilengkapi dengan adanya perabangan banyak yang ada di batang tanaman jambu biji.

3. Daun

Daun tanaman jambu biji ini berbentuk bulat oval dengan warna kehijauan mudah hingga tua, dengan bagian tepi merata yang berdiameter 2-3 cm. Daun ini dilengkapi dengan adanya pertulangan daun berkisar 5-10 dalam satu daun. Daun tanaman ini bermanfaat untuk melakukan proses fotosintesis yang terjadi diklorofil.

4. Bunga

Bunga jambu biji ini berwarna putih, kemerahan dan juha terdiri dari dua mahkota yang terdiri dari 4-5 daun berkelopak dengan jumlah mahkota yang sama. Daun mahkota saling berhadapan dilengkapi dengan tangkai sari dengan warna yang cerah. Bunga jambu ini dapat berbunga dan menjadi bakal buah dengan penyerbukan yang dibantu dengan angin maupun dengan hewan atau serangga sekitar.

5. Buah dan biji

Buah jambu biji ini berbentuk bulat memanjang dan sedikit oval dengan warna hijau hingga kekuningan, buah ini termasuk buah tunggal dalam satu bunga menghasilkan hanya satu buah saja. Buah ini berdaging tebal dengan warna putih, dan dilegkapi dengan biji berwarna putih bersih, dalam satu buah terdapat biji yang sangat banyak sekitar 50 – 100 biji.

Baca juga :

Itulah kasifikasi dan morfologi jambu biji, semoga informasi kami bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme