Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Keong Mas

Klasifikasi dan Morfologi Keong Mas – Keong mas adalah salah satu siput yang hidup di perairan air tawar, keong mas ini berasal dari Amerika Selatan. Keong mas ini dikenal di Indonesia tahun 1986. Oleh karena itu informasi mengenai aspek biologi keong ini masih sangat kurang.

1

Keong mas ini termasuk kedalam famili Ampullaridae dengan ordo Pulmolata yang hampir menyerupai keong keong gondang, mulai dari setruktur anatomi, morfologi dan fisiologis keong emas. Namun, secara sistematis keong mas ini diklasifikasi dan morfologikan diantara adalah :

Klasifikasi keong mas

Kingdom : Animalia

Filum : Moluska

Kelas : Gantropoda

Ordo : Pulmolata

Familia : Ampullaridae

Genus : Pomacea

Spesies : Pamacea canalicula L.

Sumber data : Balai Informasi Pertanian, 1990/1991

Morfologi Keong mas

Keong mas ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan keong sawah yang disebut dengan gondang. Namun, memiliki perbedaan dibagian cangkang keong mas berwarna kekuningan keemasan hingga kecoklatan transparan dan juga cangkang lebih tipis. Keong mas ini memiliki daging bewarna krim keputihan hingga kemerah emasan atau orange kekuningan dengan ukuran lebih dari 10 cm dan cangkang memiliki daimeter berkisar 4-5 cm.Keong ini juga bertelur ditempat yang kering 10-13 cm dari permukaan air, bentuk telur memanjang dengan warna meeah jambu. Panjang telur ini 3 cm lebih dengan lebar 1-3 cm dengan ukuran mencapai 2.0 mm dan berat 4,5 – 7,7 mg.

Menurut penelitian dari Halimah dan Ismail, 1989 keong mas ini memiliki ciri – ciri sebagai berikut : cangkang berbentuk bulat mencapai tinggi lebih dari 10 cm, berwarna kekuningan. Pada mulut cangkang keong mas ini terdapat operculum yang berbentuk bulat bewarna coklatkehitaman pada bagian luar dan coklat kekuningan pada bagian dalamnya. Bagian kepala keong mas ini memiliki dua tentakel dekat dengan mata. Kaki lebar berbentuk segitiga dan kecil pada bagian belakangnya, dan mereka dapat hidup dengan baik pada perairan deras dengan komponen utama tumbuhan air dan bangkai.

Kandungan gizi keong mas

Menurut Departemen Manjemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor ( IPB ) mengatakan bahwa keong mas ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi seperti asam omega 3, 4 dan 9, kalsium, protein, makronutrien dan masih banyak lagi. Dengan adanya kandungan tersebut sangat memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga :

Tambahan :

Keong mas ini juga sangat berguna dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memiliki kandungan antioksidan tinggi, dan juga dapat mengontrol hormon dalam tubuh dengan baik. Selain itu, keong mas ini juga dapat digunakan sebagai olahan tepung cangkang keong mas, olahan hiasan rumahan dan juga lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme