Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Ekor Kucing

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Ekor Kucing – Tanaman bunga ekor kucing adalah sala satu tanaman hias yang banyak ditemukan dan didapatkan di perakarangan atau dihalaman rumah. Tanaman ini berasal dari Hindia Barat yang digunakan sebagai bahan alternatif dan herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

1

Tanaman ini memiliki bentuk hampir menyerupai bentuk ekor kucing, dengan warna kemerahan muda dan tua. Tanaman bunga kucing ini juga memiliki sebutan yang berbeda – beda tergantung daerah masing – masing seperti buntut kucing sebutan Jawa, tali anjing sebutan Sunda, Ikut lutung sebutan Bali, dan lainnya. Berdasarkan taksonomi dan anatomi tanaman bunga ekor kucing ini dapat diklasifikasi dan morfologikan sebagai berikut :

Klasifikasi bunga ekor kucing

Kingdom : Plantae

Sub kingdom : Viridiplantae

Super divisi : Embryophyta

Divisi : Tracheophyta

Sub divisi : Spermatophytina

Kelas : Magnoliopsida

Super ordo : Rosanae

Ordo : Malpighiales

Famili : Euphorbiaceae

Genus : Aclypha L

Spesies : Acalypha hispida Burm, f.

Morfologi bunga kucing

1. Akar

Perakatan tanaman ini berserabut dan tunggal dengan panjang mencapi 1-2 meter bahkan lebih. Perakaran berwarna keputihan kotor hingga memiliki warna kecoklatan, perakaran kuat dan juga bermanfaat untuk menyerap unsur air dengan baik

2. Batang

Batang tanaman ekor kucing ini perdu yang timbuh tegak dan lurus mencapai 1-3 meter bahkan lebih. Tanaman ini memiliki bentuk batang bulat memanjang dan bewarna kecoklatan hingga kehitaman muda dengan percabangan simpodial yang kasar.

3. Daun

Daun tanaman bunga ekor kucing ini tunggal yang memiliki tangkai panjang dan terletak di selang seling ataupun berhadapan. Disetiap helaian daun bunga ekor kucing ini berbentuk bulat oval maupun berbentuk lonjong dengan pangkal ujung meruncing dan bagian tepi daun bergerigi serta menyirip. Panjang daun berkisar antara 12 – 20 cm dengan lebar 6-16 cm bahkan lebih, dengan warna hijau mudah hingga tua.

4. Buah dan biji

Buah tanaman bunga ekor kucing berbentuk bulat oval dengan ukuran yang relatif kecil, buah ini bewara hijau dan berbulu atau berambut. Dalam buah, bunga ekor kucing ini terdapat biji beberapa didalamnya dengan bentuk bulat kecil dengan warna keputihan kotor.

Baca juga :

Tambahan :

Tanaman bunga ekor kucing ini biasanya dapat dikembangkan dan diperbanyak secara generatif atau menggunakan biji dengan cara dan panduan yang tepat. Selain itu, bunga ekor kucing ini dapat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mengatasi disentri, mimisan, luka bakar, berak darah, muntah darah dan juga lainnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme