Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Lele Sangkuriang

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Lele Sangkuriang –  Ikan lele sangkuriang memiliki nama latin atau ilmiah Clarias gariepinus  yang merupakan salah satu spesies kerabat dari lele dumbo. Namun, memiliki perbedaan atau keunggulan dibandingkan dengan lele dumbo yaitu frekunditas telur lele sangkuriang lebih banyak.

Klasifikasi dan morfologi ikan lele sangkuriang

Keunggulan yang cukup penting ikan lele sangkuriang adalah nilai konversi pakan atau FCR cukup terbilang rendah dibandingkan dengan lele dumbu yaitu berkisar 0,8-1 sedangkan untuk lele dumbu lebih dari 1 (Krairuman dan Amri 2008).

Klasifikasi ikan lele sangkuriang  menurut  Kordi, (2010) dapat dilihat berdasarkan tingkatannya adalah sebagai berikut:

Phylum: Chordata

Kelas: Pisces

Subkelas: Teleostei

Ordo: Ostariophysi

Subordo: Silorodae

Famili: Claridae

Genus: Clarias

Spesies: Clarias gariepinus

Morfologi Ikan Lele sangkuriang

Secara umum, ikan lele sangkuriang dikenal sebagai ikan yang berkumis (catfish), tubuh berlendir dan tidak memiliki sisik serta mulut cukup lebar, yakni ¼ dari panjang tubuhnya. Ciri khas lele sangkuriang adalah memiliki empat pasang sungut yang terdapat di mulutnya. Keempat pasang sungut tersebut terdiri dari dua pasang sunggut rahang atas ( maxiral) dan dua pasang sungut bawah (mandibula) (Lukito, 2002).

Manfaat atau fungsi dari sungut bawah adalah sebagai alat peraba ketika berenang dan sebagai sensor pencari makan. Sirip pada lele sangkuriang terdiri dari lima bagian yaitu sirip dada, sirip perut, sirip dubur, sirip ekor dan sirip punggung. Pada bagian sirip dada ini terdapat patil yang cukup keras berguna untuk perlindungan diri (Lukito, 2002).

Baca Juga:

Itulah Informasi tentang klasifikasi dan morfologi ikan lele sangkuriang semoga berguna dan bermanfaat.

Referensi

Amri, K., dan Khariruman. 2008. Buku Pintar Budidaya 15 Ikan Konsumsi. Agri Media Pustaka. Jakarta

Kordi, K. M. G. H. 2010. Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal. Andi Offset, Yogyakarta

Lukito, A. M. 2002. Lele Ikan Berkumis Paling Populer. Agromedia. Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme