Pusat Informasi Pertanian Masa Kini

By Fredikurniawan.com

Cara Membuat Bibit Lada Perdu Berkualitas Dengan Stek Cabang

Cara Membuat Bibit Lada Perdu Berkualitas Dengan Stek Cabang – Lada perdu berbeda dengan lada konvensional yang membutuhkan tiang jalar. Lada perdu merupakan tanaman hasil persilangan yang memiliki sifat-sifat unggul di antaranya tidak membutuhkan tiang panjat, menurunkan biaya produksi serta memudahkan cara panen para petani.

cara membuat bibit lada perdu berkualitas dengan stek batang

Masih ada lagi keuntungan lain, yaitu di sela-sela tanaman bisa ditumbuhi tanaman lain alias tumpangsari dengan jenis tanaman tahunan atau musiman. Walaupun lada perdu bisa tumbuh secara perdu atau semak, namun tidak perlu mencemaskan masalah luas lahan karena lada perdu juga bisa ditanam di lahan yang sempit seperti polybag ataupun media tanam lain.

Di era modern seperti sekarang tidak sulit menumbuhkan lada perdu. Hal ini karena di segala penjuru mudah dijumpai para penjual bibit lada perdu atau merica perdu. Bahkan, sudah tersedia juga secara online. Harga yang dipatok sekitar Rp 10.000 hingga Rp 35.000 per pohon atau per polybag.

Baca: Cara Budidaya Bawang Daun di Pot (Polibag)

Demi menghemat anggaran atau modal, tidak ada salahnya untuk membuat sendiri bibit lada perdu yang berkualitas dengan stek cabang. Berikut ini cara membuat bibit lada perdu berkualitas dengan stek cabang:

Cara membuat bibit lada perdu berkualitas dengan stek cabang

Stek cabang atau vegetatif

Pembudidayaan lada perdu dengan cara vegetatif atau stek cabang sering dipilih karena mampu menghasilkan bibit tanaman yang lebih unggul dan tahan serangan penyakit. Tanaman lada induk diambil stek cabang dipilih yang sehat dan berkualitas.

Cara membuat bibit lada perdu berkualitas dengan stek cabang

Biasanya, lada perdu dibudidayakan dengan memakai cabang buah. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan dapat melebar dengan pucuk berbentuk perdu bergaris tengah antara 1 meter. Dan tinggi per pohon sekitar 1 meter. Sama sekali tidak membutuhkan tiang panjat sehingga memudahkan proses panen. Stek cabang yang akan diambil baik dari tapak ataupun cabang buah/produksi perlu diperhatikan benar-benar dari indukan yang berkualitas bagus dan sehat atau bebas penyakit. Apabila membeli stek cabang dari para penjual bibit lada perdu pilih jenis varietas lada yang unggul.

Cara membuat bibit lada perdu berkualitas dengan stek cabang dari segi proses pembuatan semai lada perdu

Kriteria lahan yang baik untuk persemaian lada perdu antara lain sebagai berikut:

  1. Memiliki kontur tanah yang rata
  2. Memiliki cukup sumber air
  3. Berdekatan dengan lokasi tempat produksi
  4. Dekat dengan sarana tranportasi
  5. Bebas dari serangan hama penyakit

Perlu diketahui bahwa faktor yang paling penting untuk menentukan suatu keberhasilan pembudidayaan tanaman lada perdu adalah faktor keunggulan dan kualitas bibit lada perdu serta faktor lingkungan tempat lada perdu ditumbuhkan. Apabila para petani lada perdu sudah membeli bibit yang berkualitas akan tetapi, lingkungan sekitar lahan pertumbuhan tidak memadai, maka pembudidayaan lada juga akan terancam gagal.

Baca Juga: 

Semoga info cara membuat bibit lada perdu berkualitas dengan stek cabang bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pusat Informasi Masa Kini © 2016 Frontier Theme